-->

Notification

×

Iklan

Desa Dore Dicanangkan Sebagai Kampung KB Tingkat Kabupaten Bima

Tuesday, September 12, 2017 | Tuesday, September 12, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-09-12T22:15:44Z
Pencanangan Kampung KB ditandai dengan penyerahan bantuan alat-alat kebutuhan rumahtangga berupa panci, piring, kompor dan sebagainya kepada kelompok wanita Limbu Dore dusun Nggaroo O’o dan Poktan Saano.  

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

        Bupati Bima,  Hj. Indah Dhamayanti   Putri,   didampingi Kepala BKKBN Provinsi NTB yang diwakili, Setia Budi Iriayanto, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bima, Drs. Aris Gunawan beserta jajarannya, Ketua TP. PKK Kabupaten Bima, Rostiati Dahlan, S.Pd, Plt. Camat Palibelo dan para unsur Muspika kecamatan, ketua dan Anggota   TP.   PKK Kecamatan Palibelo, Senin lalu (11/9) meresmikan keberadaan dusun Nggaroo O’o desa Dore Kecamatan Palibelo sebagai kampung Keluarga Kecil, Bahagia dan Sejahtera. Kampung KB ini merupakan contoh pelaksanaan program kependudukan keluarga berencana dengan melibatkan seluruh bidang yang ada di lingkungan BKKBN dan bekerjasama dengan instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah setempat, serta dilaksanakan di tingkat pemerintah terendah (rw/rt).

   Dengan ditetapkannya desa  Dore   Kecamatan Palibelo sebagai Kampung   KB ini, keberadaanya sangat diperlukan   mengingat keberhasilan KB akan sangat   membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan dapat mensejahterakan keluarga dalam rangka menuju keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.  "Sekaligus dalam rangka sinergitas dengan bidang kesehatan serta bidang lainnya," ungkap Bupati.

        Bupati berharap dengan keberadaan Kampung KB ini dapat menjadi contoh bagi desa lainnya  dalam mensukseskan   Program KB  di Kabupaten Bima sekaligus dapat memberikan kemudahan   bagi masyarakat untuk memperoleh   pelayanan total program KB sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas.

    Sementara itu, Kepala BKKBN Provinsi NTB yang diwakili oleh Bapak Setia Budi Iriayanto menyampaikan bahwa keberadaan Kampung KB ini berdasarkan atas program Nawacita Presiden RI,   Ir. H. Joko Widodo. Melalui   program  ini, kata dia diharapkan dapat   meningkatkan dan menyelamatkan   masyarakat Indonesia khususnya  dalam   rangka mendukung Keluarga   Kecil Bahagia  dan  sejahtera   sekaligus  dalam  rangka  menekan  angkat   kematian  terhadap  ibu  dan balita.

     Berdasarkan data yang dibuat pihaknya bahwasanya jumlah   kampung   KB khususnya   di   NTB  tahun   2016 sebanyak  26  Kampung  dan sudah dicanangkan. "Sementara pada tahun 2017 Kami mengharapkan agar seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bima untuk membuat dan membangun kampung KB sehingga dengan adanya kampung KB ini dapat mensukseskan program KB," harapnya seraya menyebutkan bahwa total keberadaan kampung KB ini se-NTB berjumlah 1.220 desa.
   
   Dengan adanya keberadaan Kampung Keluarga Berencana ini dihimbau kepada   seluruh   kepala   desa   agar  Alokasi   Dana   Desa   yang   dikelola   dapat   disisihkan   untuk keberadaan kampung keluarga berencana ini. Hal senada juga disampaikan oleh Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bima, Drs. Aris Gunawan. Menurutnya, terbentuknya kampung KB ini dalam  rangka  mewujudkan program keluarga berencana dimana Keberadaan Kampung KB ini sudah ada 2 (dua) kampung yang telah dicanangkan yaitu di dusun Jalan desa Nggembe Kecamatan Bolo yang telah dicanangkan pada tahun 2016 dan tahun 2017 juga dicanangkan keberadaan kampung KB yang berada di   dusun Nggaroo OO desa Dore kecamatan Palibelo dalam  rangka medukung program KB yaitu 2 (dua)anak cukup. Oleh karena itu dengan adanya keberadaan Kampung KB ini diharapkan kepada seluruh OPD dan stakeholder agar dapat mendukung program ini demi mendukung program Keluarga kecil bahagia dan sejahtera.

     Momentum tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan alat-alat kebutuhan rumahtangga berupa panci, piring, kompor dan sebagainya kepada kelompok wanita Limbu Dore dusun Nggaroo   O’o dan Poktan   Saano   oleh   Bupati   Bima   Hj. Indah   Dhamayanti   Putri. Selain itu, juga dikukuhkan para kader keluarga berencana yang dilakukan oleh   Kepala BKKBN ProvinsiNTB yang diwakili oleh Bapak Setia Budi Iriayanto. Selanjutnya sebagai bentuk dari pencanangan Kampung Keluarga berencana ini BupatiBima didampingi oleh Ketua TP.PKK Kabupaten Bima dan Kepala DP3AP2KB Kabupaten Bima melakukan pemukulan gong sebagai tanda keberadaan Kampung KB. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update