-->

Notification

×

Iklan

Festival Sangiang Digelar Juli Hingga Agustus, Bupati Siap Hadir

Thursday, July 20, 2017 | Thursday, July 20, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-07-20T02:13:00Z
Foto: Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri.

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

         Menurut rencana dan sesuai hasil audiensi panitia pelaksana dengan Bupati Bima, Festival Gunung Api Sangiang tahun 2017 akan dibuka secara resmi oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri pada minggu pagi 23 Juli 2017 di pesisir pantai desa Sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima. Kegiatan ini dilaksanakan oleh panitia Festival Gunung Api Sangiang 2017 yang didukung oleh Pemerintah Desa,kecamatan, dan Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata. Festival akan lebih semarak dari tahun-tahun sebelumnya, dimana ada 11 kegiatan yang akan dilaksanakan selama satu bulan penuh.

          Dalam laporan panitia yang ditandatangani Abdul Gani Haris, A. Ma.Pd sebagai ketua dan Muhammad Hasan, S.Sos sebagai sekretaris, sebelas kegiatan dalam festival Sangiang adalah lomba sampan layar tradisional, pameran foto, kerajinan rumah tangga dan industry, parade Nggoli dirangkaikan dengan pembukaan festival, Gebyar Kuliner Kalempe, lomba melukis gunung Sangiang, lomba renang, Nggalo Ruhu (Berburu musang secara massal), Jelajah Gunung Sangiang, pentas seni budaya, Nggilo Ndiha (menangkap ikan secara bersam-sama di malam hari di pantai sangiang), dan nonton bareng film dokumenter tentang Sangiang.

         Seperti dilansir Kabag Humaspro melalui Kasubag Pemberitaan, Ruslan, S. Sos, bahwa Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri menyambut gembira penyelenggaraan festival Gunung Api Sangiang dalam rangka melestarikan tradisi dan kearifan local yang ada di wilayah Sangiang dan sekitarnya untuk terus dipromosikan menjadi obyek wisata dan event tahunan yang dapat menjadi ajang promosi potensi daerah. Hj. Indah Dhamayanti Putri juga mengapresiasi ide-ide kreatif dan gerakan kebersamaan dari komunitas masyarakat terutama kaum muda dalam mengemas event-event budaya seperti Festival Sangiang, Festival Uma Lengge, Parade Rimpu di Sape dan beberapa kegiatan kreatif yang menjadi langkah awal yang baik untuk menjadikan kabupaten Bima sebagai daerah tujuan wisata dan budaya.

Ini Tentatif Festival Sangiang 2017

          Sesuai laporan panitia pelaksana yang disampaikan secara tertulis kepada Pemerintah Kabupaten Bima, kegiatan Festival Gunung Api Sangiang dibuka pada hari minggu, 23 Juli 2017 jam  8 pagi hingga selesai yang diawali dengan parado Nggoli yang mengambil star diperbatasan desa Ranggasolo dengan desa Sangiang menuju panggung utama di dermaga desa Sangiang. Menurut rencana, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri akan membuka secara resmi seluruh rangkaian kegiatan Festival Gunung Api Sangiang 2017.
Foto: Kasubag Pemberitaan Humaspro Pemkab Bima, Ruslan, S. Sos.

          Setelah pembukaan, sambung Ruslan yang kerap disapa Alan Malingi ini, akan dilanjutkan dengan kegiatan lomba sampan layar tradisional  yang dimulai pada tanggal 25 Juli hingga 16 Agusustus 2017. Lomba renang digelar 1 -7 Agustus 2017 jam 8 pagi hingga sore hari yang berlokasi di perairan Sangiang. Lomba melukis gunung Api Sangiang digelar mulai tanggal 8  -14 Agustus 2017 mulai pukul 8 pagi yang belokasi di pantai Sangiang. Pameran Foto, kerajinan tangan dan industri rumah tangga digelar pada tanggal 29 Juli -16 Agustus 2017. Gebyar Kuliner Kalempe dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2017 dimulai pada pukul 8 pagi yang berlokasi di lapangan Bola desa Sangiang.

        Kegiatan Nggalo Ruhu dilaksanakan pada tanggal 9-11 Agustus 2017 yang berlokasi di gunung Sangiang. Jelajah Gunung Sangiang digelar mulai tanggal 12-17 Agustus 2017. Nonton bareng film dokumenter sangiang tanggal 5 Agustus 2017 jam  8 malam yang berlokasi di aula kantor desa Sangiang.  Nggilo Ndiha akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus jam 9 malam di pantai Sangiang. Pentas Seni budaya digelar pada tanggal 12 -13 Agustus 2017 yang berlokasi di pantai Sangiang. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update