-->

Notification

×

Iklan

Dukung Akreditasi Puskesmas, Partisipasi Masyarakat Madapangga Luar Biasa

Wednesday, June 7, 2017 | Wednesday, June 07, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-06-07T08:35:11Z

Kabupaten Bima, GardaAsakota.-

         Dalam rangka menggalang komitmen lintas sektor mendukung Puskesmas Madapangga sebagai Puskesmas Akreditasi tahun 2017 yang akan dinilai Oktober mendatang. Kegiatan komitmen melalui tanda tangan bersama seluruh elemen yang ada di wilayah Kecamatan Madapangga untuk terwujudnya kebersamaan agar target Akreditasi PKM Madapangga bisa berjalan sukses, berlangsung di Aula kantor Camat Madapangga, Rabu (7/6). Ikut dalam pertemuan itu Camat, Kapolsek, Uptd Dikpora, seluruh Kades dan Sekdes serta aparatur Desa setempat. Sementara dari pihak Dinas Kesehatan diwakili Kabid Yankes, Nurbahjah, SAdm.

         "Akreditasi diupayakan demi terwujudnya pelayanan masyarakat meraih keselamatan dan mutu dimana Puskesmas yang sudah terakreditasi memberikan pelayanan sesuai SOP (Standar Operasional) dan Undang-undang Kesehatan," ungkap Kabid Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Bima,  Nurbahjah, S. Adm.

          Diakuinya, akreditasi bukan milik orang kesehatan tapi milik semua pihak, sebab pelayanan Puskesmas Akreditasi jauh lebih baik.
Selain itu, kata dia, dari 21  Puskesmas yang ada di Daerah Kabupaten Bima untuk tahun 2017 ini sebanyak 7 PKM akan dinilai Oktober mendatang. "Akreditasi bukan seperti lomba desa  akan tetapi Akreditasi bersifat berkelanjutan, kalau survey akreditasi Pusksemas Madapangga bulan Oktober nanti sudah dilaksanakan bukan berarti kegiatan akreditasinya berhenti sampai disitu melainkan tiga tahun mendatang akan disurvei kembali. Survei itu dilakukan untuk melihat perubahan Puskesmas menuju Puskesmas Akreditasi,” terangnya.

         Dijelaskannya, sesuai dengan intruksi Presiden melalui Menteri Kesehatan bahwa semua pelayanan Kesehatan tahun 2019 harus semua terakreditasi. Kalau tidak mampu ditahun 2019 Puskesmas tersebut tidak bisa melayani pasien BPJS.“Kalau di atas tahun 2022 tidak terakreditasi, puskesmas tersebut tidak bisa memberikan pelayanan,” tegasnya.
Ia menambahkan, komitmen akreditasi ini memiliki empat tingkatan yakni Dasar, Madia, Utama dan Paripurna. Untuk tahun 2017 ini di Kabupaten Bima ada tujuh Puskesmas yang disurvei menuju puskesmas akreditasi. Yakni Puskesmas Sanggar, Madapangga, Soromandi, Wawo, Lambu, Sape dan Woha. (GA. Marlin*)
×
Berita Terbaru Update