-->

Notification

×

Iklan

Pupuk Organik, Jamin Bahan Makanan Lebih Sehat

Thursday, May 18, 2017 | Thursday, May 18, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-05-18T10:48:20Z
Foto: Wakil Ketua I TP. PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah M. Amin saat Pelatihan Pembuatan Pupuk dan Pestisida Organik bagi Pengurus Pokja 3 Tim Penggerak PKK  Kabupaten/Kota se- NTB di Gedung PKK Provinsi NTB, Kamis, (18/05/2017).

Mataram, Garda Asakota.-

          Membentuk anak yang sehat, cerdas dan pintar harus dimulai dengan memperhatikan pola konsumsi. Makanan yang sehat adalah makanan yang tidak mengandung bahan kimia dan pengawet. Penggunaan pupuk dan pestisida organik merupakan salah satu cara mengurangi kandungan zat-zat kimia berbahaya pada makanan yang akan kita konsumsi.
Hal itu ditegaskan Wakil Ketua I TP. PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah M. Amin saat Pelatihan Pembuatan Pupuk dan Pestisida Organik bagi Pengurus Pokja 3 Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se- NTB di Gedung PKK Provinsi NTB, Kamis, (18/05/2017), sebagaimana tertuang didalam rilis pers yang disampaikan oleh Karo Humas Setda Provinsi NTB, H. Yusron Hadi, kepada redaksi media ini.

         Pada pelatihan yang dilaksanakan atas kerjasama TP. PKK Provinsi NTB dengan BPTP Provinsi NTB dan Petani Andalan Kota Mataram itu, Hj. Syamsiah menegaskan pemberian makanan sehat kepada anak akan berpengaruh pada pembentukan anak pada saat anak umur 0 sampai 1000 hari kelahiran. “Karena pada masa itu merupakan  tahap pembentukan sarafotak anak,” ujarnya .
Istri orang nomor dua di NTB ini menuturkan, tanpa disadari dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita mengkonsumsi sayur dan buah yang mengandung bahan kimia. “Mongkonsumsi makanan yang mangandung zat-zat kimia berlebihan akan menimbulkan berbagai penyakit,” terangnya.

          Oleh karenanya, ia berharap kepada seluruh para peserta untuk menindaklanjuti kedaerah masing-masing, sekaligus mempraktekkan dan memperagakan di depan masyarakat maupun kader-kader PKK, bagaimana cara pembuatan dan penggunaan pupuk organik.  “Ibu-ibu hendaknya dapat memberikan edukasi kepada anggota dan masyarakat untuk memberikan contoh bahan makanan yang aman dikonsumsi,” ujarnya.
Hal itu penting, agar masyarakat lebih paham betapa pentingnya memakai pupuk organic ketanaman sayur dan buah, agar sayuran dan buah yang dimakan anak-anak terbebas dari bahan kimia.

         Menurutnya Pemerintah NTB dari tahun 2015-2025 memiliki program  Generasi Emas, yaitu anak-anak sehat, cerdas, dan pintar. “Untuk menghasilkan anak yang sehat, cerdas, dan pintar, ibu-ibu harus memberikan makanan yang sehat tanpa bahan kimia dan pengawet,” tegas Ny. Hj. Syamsiah.

        Ia juga mengungkapkan, setiap tahun TP. PKK selalu mengadakan lomba hatinya PKK, di mana para kader PKK dilatih untuk menggunakan pupuk organic tanaman sayur dan buah. “Namun, belum 100% masyarakat yang mempraktekannya, terutama para petani,” paparnya. Untuk itu, ia mengajak masyarakat dan petani untuk memberikan pupuk dan pestisida organik kepada semua tanaman. “Jika ingin umur panjang, maka perhatikanlah apa yang kita makan,” ajaknya. (GA. IAG*)

×
Berita Terbaru Update