-->
×

Iklan

Kata Walikota Bima Ini Loh Penyebab Banjir Bandang

Saturday, January 7, 2017 | Saturday, January 07, 2017 WIB | 0 Views Last Updated 2017-01-07T06:13:21Z
Foto: Walikota Bima bersama Kepala BNPB Pusat
Kota Bima, Garda Asakota.-
Walikota Bima, HM. Qurais, dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, William, Jum’at (6/1), meninjau salah satu lokasi penyebab banjir di wilayah Kota Bima. Lokasi itu adalah kawasan Pelabuhan Bima yang dianggap memiliki tingkat kedangkalan cukup tinggi sehingga dinilai berpengaruh pada terjadinya banjir bandang beberapa waktu lalu.

 "Karena dangkal menyebabkan arus banjir tertahan. Inilah salah satu penyebab terjadinya banjir melanda Kota Bima pada tanggal 21 dan 23 pekan lalu, yakni dangkalnya Pelabuhan Bima di hilir sungai Padolo, sehingga air itu tertahan tanpa berarus dengan normal," ungkap Walikota Bima kepada wartawan.
Diakui sebelumnya, BNPB Pusat sudah melakukan survey secara intens terhadap lokasi lainnya yang mengakibatkan banjir  seperti beberapa titik sungai jembatan hingga selokan dan sebagainya. Namun pihaknya melihat salah satu lokasi yang dianggap berpengaruh terhadap dampak banjir yakni sedimentasi di Pelabuhan Bima.
Untuk itu kata Walikota, BNPB meminta kepada Pemerintah Daerah terutama Kota Bima untuk memperbaikan semua dampak banjir supaya di kemudian harinya tak terjadi lagi. Lewat kesempatan itu, Walikota meminta Kepala BNPB untuk melihat salah satu lokasi yang menyebabkan dampak terjadinya banjir itu.
Walikota juga mengaku sudah menyampaikan perihal itu pada Pimpinan Pelabuhan Bima, namun diakuinya hingga kini pengerukkan sedimentasi ini belum juga dilakukan.
Walikota menegaskan, sesuai perintah dari pihak BNPB Pusat, pihaknya akan segera menuntaskan persoalan di Kota Bima. Dalam artian kedepannya, akan dilakukan bagaimana upaya agar di Kota Bima tidak terjadi banjir lagi.  “Yang pasti apa yang diperintahkan BNPB kami dari Pemerintah Kota Bima akan menyelesaikan dan menuntaskan persolan di Kota Bima,” tegas Walikota.
Selain pengerukan di kawasan Pelabuhan, Pemkot Bima juga akan menormalisasi got dan sungai karena hal ini juga menjadi pemicu terjadinya banjir. "Kita akan normalisasi got  dan sungai agar airnya mengalir dengan normal.InshaAllah langkah-langkah ini akan didukunt sepenuhya oleh BNPB Pusat mendukung dengan sepenuhnya," imbuhnya.
Kepada wartawan, Walikot Bima menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan dan juga arahan dari BNPB Pusat. "Tentu semua masukan ini, akan menjadikan atensi utama Pemkot Bima. Jujur saya kaget dan merasa bersyukur, karena Pak Wiliam kembali turun di Kota Bima untuk kembali melihat dampak kerusakan banjir," tandasnya. (GA. 355*)

×
Berita Terbaru Update