-->

Notification

×

Iklan

Dana Rp500 ribu per Rumah Segera Dicairkan

Thursday, December 29, 2016 | Thursday, December 29, 2016 WIB | 0 Views Last Updated 2016-12-29T10:20:56Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Dana bantuan pemerintah sebesar Rp500 ribu per rumah sebagaimana diinformasikan oleh Wakil Ketua DPD RI, Farouk Muhammad, rupanya sudah final diputuskan.
Hal ini diakui oleh Lurah Pane,
dana tersebut direncanakan akan masuk rekening ketua RW setempat mengetahui lurah masing-masing.
"Besok paling lambat jam 10 pagi data rumah warga yang kena dampak banjir harus di setor kepada Sekda Kota bima, dan uangnya langsung bisa dicairkan tanpa pemotongan sepersen pun," ungkap Lurah Pane yang mengaku pihaknya bersama Lurah lainnya sudah melakukan pertemuan dengan Pemkot Bima.
Dia mengingatkan pada warganya jika pada saat pembagian dana tersebut ada pemotongan oleh pihak RT dan RW atau pihak lainnya agar segera dilaporkan ke pihaknya.
"Tolong laporkan, biar kami proses secepatnya," ingatnya.
Sementara itu, Plt. Kabag Humaspro Pemkot Bima, Syahrial Nuryaddin, S.IP, MM, mengakui bahwa Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memberikan dana Cash For Work (upah kerja tunai) untuk rumah-rumah terdampak banjir di Kota Bima.
Menurutnya, setiap rumah yang terdampak banjir akan mendapatkan bantuan cash for work senilai Rp500.000,- yang akan disalurkan melalui Pemerintah Kelurahan atau pengurus RT/RW.
Mekanisme penyaluran bantuan akan ditetapkan dengan Surat Keputusan Walikota. Saat ini, kata dia, tim yang terdiri atas perwakilan berbagai SKPD lingkup Pemerintah Kota Bima sedang melakukan verifikasi atas data jumlah rumah terdampak langsung. Data tersebut diperoleh dari Lurah berdasarkan laporan Ketua RT/RW.
Pengumpulan data rumah tergenang atau terendam baru dilakukan selama dua hari terakhir oleh Pemerintah Kelurahan, karena pada pendataan awal beberapa hari yang lalu difokuskan pada rumah yang mengalami kerusakan.
Data rumah tergenang yang terkumpul hingga Kamis siang (29/12) telah mencapai 19.000 rumah.
BNPB telah menyiapkan dana senilai Rp10 milyar untuk pembayaran cash for work ini. Setelah data by name by address diverifikasi, maka akan ditetapkan dengan SK Walikota. Setelah penetapan, maka dana cash for work akan ditransfer ke rekening Ketua RW untuk diteruskan kepada masyarakat di wilayah masing-masing.
Tujuan utama pemberian cash for work bagi rumah terdampak banjir di Kota Bima adalah untuk membantu masyarakat mepercepat kegiatan pembersihan lingkungan dan rumahnya. Menurut penjelasan Kepala BNPB, pemberian bantuan cash for work sangat bermanfaat bagi warga dan sudah dipraktekkan di banyak penanganan bencana seperti erupsi Merapi, Sinabung, banjir Manado, gempa Pidie Jaya dan lainnya. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update