-->

Notification

×

Iklan

Wagub NTB Pimpin Rapim, Tindak Lanjut Arahan Presiden

Monday, May 18, 2015 | Monday, May 18, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-05-18T12:32:10Z
Mataram, Garda Asakota.-
Wakil Gubernur NTB  H. Muh. Amin menggelar rapat pimpinan guna menindak lanjuti arahan Presiden Joko Widodo, saat berkunjung ke NTB beberapa waktu lalu. Rapim diikuti oleh para Asisten dan seluruh pimpinan SKPD lingkup Pemprov. NTB, yang berlangsung di ruang rapat utama kantor Gubernur, Selasa (5/5/). Wagub mengatakan, arahan Presiden Jokowi tersebut disampaikan saat Presiden melakukan kunjungan kerja ke NTB, sekaligus menghadiri puncak peringatan Tambora Menyapa Dunia (TMD).
Menurut wagub, Presiden telah menyampaikan sejumlah arahan diantaranya upaya pengembangan potensi kehutanan di Kawasan Gunung Tambora dan usulan menjadikan Kawasan Gunung Tambora sebagai geopark Nasional dan geopark Dunia.
Selain itu, Presiden juga menyampaikan arahan terkait upaya pengembangan Kawasan Samota sebagai kawasan strategis pariwisata. Serta, meminta event Tambora Menyapa Dunia digelar setiap tahun untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Pulau Sumbawa.
Dalam rapim tersebut, juga dibahas upaya percepatan pembangunan Global Hub Bandar Kayangan, yang akan dibangun di Kabupaten Lombok Utara. Menurut wagub, rencana pembangunan Global Hub ini bahkan mendapat atensi khusus dari presiden.
Menurut wagub, keberadaan Kota Bandar Kayangan nantinya akan sangat mendukung Indonesia sebagai negara maritim terkemuka di dunia tahun 2045. 
“Industri dan perdagangan global akan melalui kota bandar dunia yang dibangun di Kabupaten Lombok Utara,” katanya.
Selain Global Hub, Presiden juga memberi perhatian terkait percepatan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Untuk mendukung itu, kata wagub,  akan segera disiapkan pembangunan infrastruktur kawasan, baik berupa ruas jalan, pasokan instalasi listrik, air bersih, telekomunikasi, hingga rencana pembangunan sekolah tinggi pariwisata.
Rapim juga membahas masalah sharing anggaran pembebasan lahan untuk pembangunan sejumlah ruas jalan di pulau Lombok dan pulau Sumbawa. Karena pembiayaannya cukup besar, maka diusulkan pembiayaannya akan ditanggung melalui sharing anggaran antara pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten/kota. 
Menutup rapim, Wagub meminta seluruh pimpinan SKPD dan para Asisten segera menindaklanjuti arahan presiden dengan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah pusat atau via kementerian.(GA. Joni*)

×
Berita Terbaru Update