-->

Notification

×

Iklan

Serapan APBD Tahun Anggaran 2014 Cukup Baik

Sunday, January 25, 2015 | Sunday, January 25, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-01-25T13:40:19Z
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Secara umum serapan belanja langsung APBD Pemkab Bima tahun anggaran 2014 berjalan cukup baik, meskipun diakui masih ada beberapa item pekerjaan yang belum tuntas dikerjakan dan diluncurkan di tahun anggaran 2015. “Tapi secara umum realisasinya cukup baik dan maksimal di beberapa SKPD seperti capaian 100 persen fisik di Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) dan 100 persen fisik di Dinas Pertanian.
Hanya ada beberapa paket saja yang belum tuntas dikerjakan di tahun 2014,” ungkap Kabag Administrasi Pembangunan (AP) melalui Kasubag Penyusunan Program, Agussalim, ST, M. Si,  kepada Garda Asakota, Selasa (20/1).
Dia menyebutkan beberapa kegiatan yang diluncurkan di tahun anggaran 2015 seperti di Dikpora ada pengadaan alat
pembelajaran interaktif dan pengadaan alat laboratorium untuk SMK. Kemudian, kata dia, di Dishubkominfo ada pengaspalan jalan di terminal Tente. “Namun ada juga yang sudah dilakukan pelelangan tapi realisasi di lapangannya belum maksimal seperti proyek Paruga Nae Wera di Bagian AP dan paket penataan kawasan di Dinas PU,” ungkapnya.
Agussalim mengatakan, untuk mengantisipasi molornya pekerjaan yang belum tuntas itu Pemda telah memberikan kebijakan addendum 50 hari kerja dengan pembayaran denda atas keterlambatannya.
“Diharapkan dengan pemberlakuan addendum dapat memicu penyedia untuk lebih memaksimalkan dan mempercepat penuntasan pekerjaannya. Dan hasilnya memang ada progress yang signifikan terhadap pelaksanaan proyek, seperti proyek Paruga Nae Wera,” imbuhnya.
Sementara itu, menyinggung rencana realisasi program TA 2015, alumnus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar ini menegaskan bahwa sesuai arahan Bupati Bima, Drs. H. Syafruddin HM. Nur, M.Pd, semua program akan dimulai Februari mendatang baik program yang ditender maupun melalui system PL (Penunjukkan Langsung).
Arahan Bupati Bima untuk mempercepat realiasi program diawal tahun ini, kata dia, menyikapi LHP BKP setiap tahun yang selalu merekomendasikan pekerjaan proyek di awal tahun. “Beberapa tahun terakhir pekerjaan selalu terlambat akibat proses tender yang terlambat sehingga penyediaa hanya memiliki waktu  singkat.
Makanya Bupati pada saat Rakor sudah menginstruksikan untuk dilaksanakan awal tahun guna memaksimalkan kualitas pekerjaan proyek,” tegasnya.
Menindak-lanjuti arahan Bupati ini,  Sekda langsung memerintahkan SKPD agar segera menunjuk konsultan perencana program di masing-masing SKPD.
“Jadi kemungkinan awal Februari konsultan perencana sudah ada dan sudah melaksanakan pekerjannya,” tuturnya seraya menambahkan bahwa dari sekian program Pemkab Bima TA 2015, beberapa program strategis juga akan dilaksanakan seperti kelanjutan pembangunan kantor Bupati Bima, pembangunan jalan dua arah, dan jembatan Lewamori. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update