-->

Notification

×

Iklan

Proyek Tahap II Kantor Bupati Direncanakan Rp38 M

Monday, January 19, 2015 | Monday, January 19, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-01-19T05:02:36Z
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Pembangunan tahap I kantor Bupati Bima di Desa Godo Kecamatan Woha Kabu paten Bima dengan pagu dana sebesar Rp 20 Milyar, telah tuntas dikerjakan oleh pihak pelaksana dengan capaian fisik sekitar 30 persen. Sedangkan untuk tigas SKPD lainnya seperti, Dispenda dengan anggaran Rp1,9 Milyar, BKP, dan BP4K 1,7 Milyar, baru satu SKPD yang tuntas 100 persen yakni BKP, sedangkan dua SKPD lainnya, Dispenda dan BP4K masih 90 persen fisik. “Salah satu tantangan yang dihadapi sehingga tidak terkejar 100 persen adalah selain berada petengahan sawah, juga kondisi hujan saat pekerjaan.  Makanya khusus waktu penuntasan pelaksanaan dua dua SKPD kita luncurkan sekitar seminggu di awal bulan Januari 2015. InsyaAllah seminggu awal Januari pekerjaan di dua SKPD itu kelar,” ungkap Kadis PU melalui Kabid Cipta Karya, Zainal Arifin, ST, kepada wartawan.
Khusus untuk tiga SKPD, jika semuanya sudah tuntas dikerjakan 100 persen, maka sudah bisa dipakai karena fisiknya gedungnya sudah ada lantai keramik, sudah di cet, ada pintu-jendela, dan lain-lain.
Hanya saja, diakuinya tinggal pengadaan air yang belum tuntaskan dilakukan. Untuk pengadaan fasilitas air bersih ini, pihaknya akan mengebor satu mata air yang dihajatkan penggunaannya oleh semua SKPD di kantor Bupati.
“Sebenarnya sudah diupayakan pengeboran dalam tahun 2014 lalu, namun karena salah titik keluar air asin. Sumber dananya dari Pemprov NTB,” terangnya.
Sementara, terkait dengan kelanjutan pembangunan gedung kantor Bupati Bima, Zainal memastikan bahwa pembangunannya akan berlanjut ke tahap II. “Untuk pembangunan tahap II-nya kita akan tenderkan sekitar akhir bulan Januari 2015 setelah SK penetapan pelaksaan pekerjaan sudah keluar,” katanya.  Diakuinya, dalam APBD tahun 2015, Pemkab Bima sudah mengalokasikan anggaran lanjutan proyek kantor Bupati Bima sebesar Rp18 Milyar, sedangkan alokasi lainnya bersumber dari bantuan Gubernur NTB melalui APBD-P 2015 sebesar Rp15 Milyar, dan rencana bantuan tahap-2 dari Walkota Bima sebesar Rp5 Milyar. Jadi total ancang-ancang pengangga rannya sekitar Rp38 Milyar.
“Selain anggaran itu sedang diupayakan juga bantuan APBN Pusat. Khusus bantuan APBN ini, bapak Bupati juga sudah melakukan komunikasi dengan Pimpinan DPR RI, H. Fahri Hamzah.
Makanya sekarang  kita sudah siapkan proposal yang akan kita bawa ke Kemendegari Pusat,” bebernya.
Dia berharap dengan adanya anggaran lanjutan pembangunan kantor Bupati di tahun 2015 dari berbagai sumber tersebut, struktur bangunan kantor akan tuntas sampai atap. “Tahap I tahun 2014 realisasinya sampai plat, sedangkan tahap-II tahun 2015 kita rencanakan di atasnya plat seperti tiang-tiangannya, kemudian rangka balok, tembok, hingga atapnya.
Dan jika pekerjaan maksimal dengan alokasi dana yang ada dulu, maka secara fisik kantor Bupati akan bisa tercapai sekitar 75 persen fisik,” tandasnya. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update