-->

Notification

×

Iklan

BWS Akan Bangun DAM Rp5,57 Milyar di Atas Lahan Kawasan Parado

Thursday, January 29, 2015 | Thursday, January 29, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-01-29T01:47:22Z
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Pembangunan DAM Sori Bura di Desa Lere Kecamatan Parado Kabupaten Bima bakal menghabiskan dana Rp5,57 Milyar, dengan bentangan sekitar 125 meter.
Menurut Kadis Kehutanan Kabupaten Bima, Ir. H. Nurdin Ahmad, pekerjaan proyek DAM dibangun di atas lahan kawasan hutan seluas 4,9 hektar yang dipinjam-pakaikan di atas ijin PT. Sumbawa Timur Maining, salah satu perusahaan pertambangan. “Ijin pemanfaatan lahan ini tidak memerlukan ijin dari Kementerian Kehutanan (Kemenhut) RI, akan tetapi cukup dengan mengantongi ijin Gubernur NTB karena luas kawasannya dibawah 5 hektar. Ijin Gubernur itu sudah dikeluarkan melalui Kepala BPMD Provinsi NTB atas nama Gubernur NTB,” ungkap Kadishut kepada wartawan, Selasa (27/1).
Menurutnya, penanggungjawab pelaksanaan proyek DAM Sori Bura  berada di bawah pengawasan BWS (Balai Wilayah Sungai) Kementerian PU NTB.
Sebenarnya, kata dia, eksen proyek ini sudah dimulai sekitar akhir tahun 2014 lalu, namun terhambat karena datang musim hujan. “Pelaksana sepertinya mengalami hambatan pengangkutan material, terutama dalam bentuk tanah timbunan. Jalur yang dilewati drumptruk dalam keadaan musim kemariu jalannya tanah berdebu, tetapi begitu datang musim hujan jalannya berlumpur, sehingga menghambat pekerjaaan. Proyek itu anggarannya tahun 2014, tetapi karena pekerjaannya terhambat, maka oleh pihak BWS diluncurkan tahun 2015,” tegasnya.
Diakui mantan Kadis Pertanian Kabupaten Bima ini, bila pekerjaan DAM tuntas, maka pemanfaatan lahan akan mengalami peningkatan produksi pertanian dalam arti luas di sekitar wilayah Selatan Parado, seperti lahan pertanian Desa Kuta dan Desa Lere.
Dalam pelaksanaannya nanti, Dishut akan melakukan monitoring dan pengawasan agar jangan sampai kawasan di luar DAM akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perambahan hutan, karena masuk hutan tutupan Negara. 
“Moga saja, hadirnya DAM Sori Bura ini bisa membuka isolasi potensi di kawasan tersebut, dan terjadi  peningkatan penataan kawasan dengan baik agar lebih efektif dan maksimal. Kawasan di sekitar tersebut sangat luar biasa sebagai kawasan potensi baru, dulu bahkan sewaktu saya menjadi Kadis Pertanian pernah memberikan bantuan bibit durian. Dan sekarang bibit durian itu tumbuh dengan baik, dan kedepannya juga kita berharap kawasan itu potensial untuk pengembangan buah,” harap Ir. H. Nurdin. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update