-->

Notification

×

Iklan

Bupati Bima Raih Piagam ‘Raksaniyata’

Monday, January 19, 2015 | Monday, January 19, 2015 WIB | 0 Views Last Updated 2015-01-19T04:33:19Z
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-
Momen Apel gabungan perdana di tahun 2015 lingkup Pemkab Bima yang berlangsung, di halaman kantor Bupati Senin (5/1), dimanfaatkan oleh Bupati Bima, Drs. H. Syafruddin HM.Nur.M.Pd, untuk mengumumkan penerimaan piagam “Raksaniyata”  yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI kepada Pemkab Bima yang dinilai berhasil mencegah terjadinya kerusakan lingkungan khususnya meningkatkan tutupan vegetasi di kawasan lindungan.
Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh Kepala BLH Kabupaten Bima,  Drs. H. Moch Mawardi, MT, kepada Bupati Bima. Raksaniyata diberikan kepada Kabupaten/Kota yang berhasil mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dalam hal ini meningkatkan tutupan vegetasi di kawasan lindung.
Penyerahan pengharagaan Raksaniyata diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, DR. Siti Nurbaya A. Bakar, pada puncak Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional bertempat di Gedung Manggala Wana Bakti, Jakarta pada hari Senin tanggal 22 Desember 2014 kepada 20 Kabupaten/Kota yang lolos tahap seleksi Lomba Menuju Indonesia Hijau.
Langkah Kabupaten Bima meraih prestasi ini melewati beberapa tahapan.  “Penilaian Lomba Menuju Indonesia Hijau diawali penyampaian laporan terkait Kebijakan Pemerintah Daerah Bidang Pengelolaan Tutupan Vegetasi. Kegiatan lainnya adalah penanaman pohon baik di kawasan hutan maupun di pesisir pantai oleh Pemerintah,  masyarakat, dan dunia usaha (AMDK Hilwa). Termasuk penanaman Mahasiswa Pecinta Alam,” papar Kepala BLH.
Selanjutnya, kata dia, Bupati melakukan presentasi di hadapan Dewan Panitia yang terdiri dari Pakar lingkungan di Jakarta pada tanggal  11 September  2014.
Selanjutnya Tim Pusat melakukan penilaian Citra Satelit terhadap tutupan Vege tasi di wilayah Kabupaten Bima. Untuk memastikan keabsahan dokumenter,  tim pusat kemudian melakukan verifikasi lapangan pada lokasi Penghijauan pada lerengan di desa Ntori Kecamatan Wawo, sekitar mata air di dusun Kawe, desa Maria Utara Kecamatan Wawo,  Penghijauan oleh AMDK Hilwa di desa Nipa Kecamatan Ambalawi. Lokasi lainnya adalah Penanaman Mangrove di desa Lewintana Kecamatan Soromandi,  penanaman baru untuk perkebunan di desa Wadukopa Kecamatan Soromandi,  penghijauan di desa Campa Kecamatan Madapangga dan pembibitan di desa Bumi Pajo Kecamatan Donggo.
BPBD Terima Bantuan Truk Serbaguna senilai Rp425 juta
Disamping menerima piagam “Raksaniyata”, yang diberikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, momen apel gabungan perdana di tahun 2015 lingkup Pemkab Bima juga dimanfaatkan oleh Bupati Bima untuk menyerahkan truk serba guna (mobil dalmas) kepada Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bima, Abdul  Wahab Usman, SH. 
Penyerahan bantuan truk serbaguna Merk Isuzu senilai Rp425 juta dari BNPB RI ini ditandai penyerahan kunci mobil dari Bupati ke Kalak BPBD.  Selain itu, juga dilakukan  penandatanganan berita acara pinjam pakai mobil Ambulans dari BPBD Kabupaten Bima kepada RSUD Sondosia Kabupaten Bima yang dilakukan oleh Kalak BPBD Kabupaten Bima dan Direktur RSUD Sondosia, dr. Adi W, disaksikan oleh Bupati Bima. (GA. 212*)

×
Berita Terbaru Update