-->

Notification

×

Iklan

Dinsos Kucurkan Rp285 juta untuk Pembukaan Jalan Baru di Jatibaru

Tuesday, October 15, 2013 | Tuesday, October 15, 2013 WIB | 0 Views Last Updated 2013-10-15T14:16:52Z
Kota Bima, Garda Asakota.-Keinginan warga Jatibaru Kecamatan Asakota Kota Bima untuk memiliki jalan lintas yang akan memudahkan akses distribusi hasil pertanian dan hasil usaha batu bata, secara bertahap mulai terwujud. Usaha ini sebenarnya telah dirintis sejak beberapa tahun lalu, dimana warga sekitar berupaya membuat jalan baru yang menyusuri kaki gunung mulai dari lingkungan Salewi hingga belakang terminal Jatibaru.
Hanya saja, usaha tahun lalu, baru terealisasi hampir separuh jalan sehingga hasilnya belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Tahun ini mereka sedikit merasa lega, karena Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah mengucurkan dana sekitar Rp285 juta untuk kelanjutan usaha pembukaan jalan tersebut.  Pada Rabu lalu (10/10) pihak Kementerian Sosial diwakili Kepala Dinsos Kota Bima, Drs. H. Muhiddin AS Dahlan,  telah memantau secara langsung pekerjaan pembukaan jalan baru yang melibat seluruh komponen warga. Kadis menyatakan bahwa untuk membantu kelanjutan usaha warga, pihak Kementerian Sosial RI telah mengucurkan dana bantuan proyek infrastruktur. Pihaknya mengaku akan terus memantau pelaksanaan program tersebut sesuai dengan juklak dan juknisnya. “Dan hasilnya akan kita laporkan ke Pusat,” akunya kepada Garda Asakota, belum lama ini.
Tentu saja kucuran dana dari Kemensos disambut gembira oleh warga setempat, khususnya warga masyarakat petani maupun warga pembuat batu-bata di sepanjang kaki gunung yang menghubungkan lingkungan Salewi dan lingkungan Jatibaru. “Jalur ini nantinya selain sebagai akses hasil pertanian, juga bisa dijadikan jalur alternative (jalan potong, red) bagi warga Sapaga maupun Salewi yang ingin ke lingkungan Jatibaru,” ungkap Lurah Jatibaru, Tasrif, S. Sos.
Diakuinya, kelanjutan jalan rintisan ini akan bertemu jalan rintisan awal yang sudah dibuka beberapa tahun lalu. “Moga saja penuntasan jalur ini dapat seegar teratasi,” harapnya. Hal senada juga dikemukakan oleh Koordinator Kelompok Tani, Abdullah. Sebagai perwakilan para petani pihaknya menyambut gembira dan antusias kucuran bantuan dari Kemensos untuk melanjutkan pembukaan jalan tersebut. “Sebab jalan ini akan membantu memudahkan akses hasil pertanian maupun  batu-bata hasil produksi warga,” katanya.
Secara khusus pihaknya menyampaikan rasa terima kasihnya atas kepedulian Pemerintah Kota Bima yang telah berjuang demi turunnya bantuan tersebut. “Kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Bima, khususnya Dinas Sosial,” tandas pria yang kerap disapa Dole ini. (GA. 777*) 

×
Berita Terbaru Update