-->

Notification

×

Iklan

Pemprov NTB Mulai Sosialisasi Event Tambora Menyapa Dunia

Thursday, April 18, 2013 | Thursday, April 18, 2013 WIB | 0 Views Last Updated 2013-04-18T05:07:01Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Menjelang perayaan event Tambora Menyapa Dunia 2015 mendatang, Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Pariwasata terus mensosialisaikan serta pemantapan pencanangan memperingati dua (2) abad meletusnya Gunung Tambora yang masuk dalam program Visit Lombok Sumbawa tahap dua. Kepala Dinas Pariwisata NTB, L. Gita Aryadi, mengatakan Tambora menyapa dunia adalah
salah satu even besar yang akan dihelat bersamaan dengan Visit Lombok Sumbawa tahap 2. “Visit Lombok Sumbawa tahap 1 sudah sukses terlaksana dengan target satu juta wisatawan sudah tercapai. Visit Lombok Sumbawa 2012 menjadi terminal awal untuk kemajuan Pariwasata NTB,” katanya Kamis lalu (4/4).
Setelah secara kuantatif jumlah kunjungan wisatawan melampui batas dari 1 juta wisatawan, kedepannya Visit Lombok Sumbawa tahap dua dan tiga akan dikembangkan. Even Tambora menyapa dunia menjadi bagian dari Visit Lombok Sumbawa tahap dua yang tonggak sosialisasi akan dimulai pada tanggal 11 April 2013 bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Dompu. “Peristiwa meletusnya Gunung Tambora 2 abad yang lalu akan kita kemas jadi even Nasional dan Internasional,” jelasnya. Kadis Pariwisata NTB mengatakan, meletusnya Gunung Tambora yang menenggelamkan empat kerajaan, sehingga pada event tersebut nantinya akan berdimensi “Geologi dan Arkeolog, karena dalam event ini juga akan menghadir para ilmuan dunia untuk melakukan penelitian di Gunung Tambora. Terkait dengan persiapan, tim dari Provinsi sudah mempersiapkan Roadmap yang diketuai oleh Kadis Hubkominfo dan Wakil Ketua dari Bappeda dan Sekertaris dari Dinas Pariwisata.
Dari Roadmap itu, pihaknya akan teruskan menjadi program tahun 2014 dan 2015. “Sehingga jelas dari masing pemangku jabatan bisa mengetaui akan melakukan apa dalam program Visit Lombok Sumbawa tahap kedua,” terang Gita. Selain melibatkan panitia lokal even ini akan melibatkan panitia pusat karena even ini bersekala Nasional dan Internasional.
Dikesemptan lain Asisten II Pemprov NTB mengatakan, menjelang persiapan Tambora Menyapa Dunia 2015 mendatang, Pemerintah NTB bergiat menambah perpanjangan Run Way bandara Salahudin Sumbawa sepanjang 200 meter dan Bandara Bima sehingga dengan perpanjangan tersebut paling tidak pesawat boing 737 bisa turun di bandara tersebut. Perpanjangan Run Way tersebut dijelasakan oleh Asisten II  bidang Ekonomi dan Pembangunan, H. Abdul Haris, anggrannya dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) di bagian Kementerian Pehubungan, sementara untuk pembebasan lahan sharing dengan pemerintah Kabupaten Bima dengan Pemprov. “ Tahun 2014 infrastruktur jalan di daerah Calabai akan mulai dikerjakan untuk perbaikan jalan di daerah Sumbawa Bima Dompu. Sementara itu untuk infrastruktur jalan, pada tahun 2013 dan 2014 perbaikan jalan yanga ada di sepan jang daerah Sumbawa Bima dan Dompu akan dilakukan perbaikan, hal ini juga sebagai penunjang dari agenda besar yang nanti akan dilaksanakan tahun 2015 mendatang. “Kami di Pemprov mengaharapkan semuanya bisa berjalan baik,” harapnya. Tidak hanya bandara dan jalan darat, pelabuhan juga ditingkatkan sesuai dengan usulan dari dinas perhubungan. Selain dari jalur udara dan darat, perbaikan infrastruktur di bagian laut juga sedang ditingkatkan, seperti perbaikan di Pelabuhan Sape di Kabupaten Dompu, sementara untuk penginapan nantinya  kemungkinan akan menyebar di tiga kabupaten tersebut. (GA. 666*)

×
Berita Terbaru Update