-->

Notification

×

Iklan

Siswa SMPN-5 Soromandi Ikuti Khataman Massal Al-Quran

Wednesday, April 11, 2012 | Wednesday, April 11, 2012 WIB | 0 Views Last Updated 2012-04-11T02:31:38Z
Soromandi, Garda Asakota.-
Mempertahankan nilai-nilai budi pekerti dan meningkatkan pemahaman Ilmu Agama untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, merupakan suatu tantangan bagi dunia pendidikan. Memberikan fondasi yang kuat terutama ilmu agama kepada anak didik yang bertujuan supaya mereka tidak hanyut dengan nilai-nilai budaya kebebasan yang kadang kala mengabaikan rambu-rambu agama, yang pada akhirnya anak didik ini bisa
hidup di tengah modernisasi tanpa harus mengorban¬kan akhlak dan prinsip hidup ketimuran sebagai warisan yang bernilai tinggi.
Untuk mempersiapkan anak didiknya supaya berkahlak baik berlandaskan agama yang kuat, Kepala SMP Negeri 5 Soro¬mandi, St. Murni, S.Pd.Mat, yang baru sekitar setahun bertugas di SMP ini mene¬rapkan pendidikan yang menggabungkan antara ilmu pengetahuan berdasarkan kurikulum yang berlaku ditambah dengan kegiatan keagamaan dengan melakukan pendalaman ilmu-ilmu keagamaan (Imtaq) juga khusus pada hari Jumat juga menerap¬kan Jumat khusu dengan melakukan shalat Jumat di Masjid Sekolah.
Keberhasilan dari penerapan penamba¬han waktu kegiatan Imtaq di sekolah SMP Negeri-5 Soromandi ini kelihatan dengan berhasilnya 40 siswa yang telah menyele¬saikan pelajaran membaca Al-Quran dengan diadakannya khataman pada hari Kamis (5/4) di aula sekolah setempat. Kegiatan Khataman Al-Quran yang diadakan oleh sekolah ini selain dihadiri oleh jajaran guru, juga nampak hadir seluruh wali murid yang anaknya dikhatam tersebut.
Nasrullah yang menjadi Ketua Komite SMP Negeri 5 Soromandi kepada Garda Asakota menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada Kepala Sekolah yang telah membawa anak-anak mereka sehingga bisa dikhatam Al-Quran pada hari ini. “Khataman Al-Quran pada hari ini merupakan sejarah baru bagi sekolah, hal ini sebagai gambaran keberhasilan seorang pimpinan yang menerapkan pendidikan yang baik bagi anak-anak kami. Dan selama Ibu Murni memimpin SMP ini komunikasi antara sekolah dan Komite serta tokoh-tokoh masyarakat berjalan dengan baik sehingga banyak hal yang akan bisa dilakukan untuk memajukan pendidikan di SMP ini,” ungkap Nasrullah.
Pihaknya berharap kedepannya apa yang telah dirintis oleh Ibu Kepala Sekolah ini bisa dipertahankan bahkan kalau bisa lebih ditingkatkan lagi. Selain itu juga untuk memberikan rasa nyaman kepada seluruh siswa dan guru-guru dalam proses KBM di sekolah ini dalam waktu dekat kami sebagai komite berencana akan mengadakan rapat terkait dengan pemugaran pagar keliling sekolah. “Lewat Media ini juga kami berharap kepada pemerintah daerah untuk dapat memberikan bantuan supaya pagar keliling sekolah ini bisa dibangun permanen sehingga orang luar maupun ternak tidak gampang masuk dilingkungan sekolah ini sehingga apa yang ada dilingkungan seko¬lah ini dapat terjaga dengan baik,” harap¬nya. St. Murni, S.Pd.Mat, usai kegiatan khataman Al-Quran menjelaskan bahwa ke¬giatan khataman ini merupakan rangkaian rasa syukur atas keberhasilan siswa dalam menyelesaikan pelajaran membaca Al-Quran. Mudah-mudahan dengan diadakan¬nya kegiatan khataman ini memberikan kesan yang mendalam kepada seluruh siswa yang dikhatam untuk tetap mempelajari Al-Quran, selain itu juga kegiatan ini untuk memberi motivasi kepada siswa yang lain untuk belajar yang lebih giat lagi sehingga mereka nantinya juga akan bisa dikhatam.
“Kebetulan juga 40 siswa yang dikhatam hari ini seluruhnya adalah anak-anak kelas tiga. Menggunakan momen yang sama juga maka diadakan do’a bersama meminta kepada Allah SWT agar nantinya anak-anak yang sebentar lagi menghadapi Ujian Nasional ini bisa melewatinya dengan baik dan mendapatkan hasil yang optimal.
Selain itu juga dengan diadakannya khataman Al-quran yang dirangkaikan dengan do’a jelang UN ini akan memotivasi siswa untuk belajar yang lebih baik lagi,” ucap St. Murni. Berdasarkan data yang diperoleh Garda Asakota SMP Negeri Soromandi di bawah Pimpinan St. Murni, S.Pd.Mat ini membawahi 7 orang guru PNS dan 30 orang guru tenaga sukarela, dengan jumlah siswa didiknya 154 orang. Tempat KBM selain berada di desa Sowa juga SMPN 5 Soromandi ini juga membawahi Sekolah Satu Atap (Satap) 9 di desa Wonto. Hasil KBM yang diadakan di SMPN 5 Soromandi ini tidak kalah kualitasnya dengan hasil pendidikan yang dilaksanakan di SMP-SMP lainnya di Kabupaten Bima, ini terlihat dari keberhasilan siswanya meraih Ranking 2 Hasil UN tahun 2011 se-Kabupaten Bima dan juga Ranking 8 Lomba Pasiad tingkat Nasional.
Dalam rangka lebih meningkatkan kualitas pendidikan di SMP Negeri 5 yang dipimpinya ini, mengakhiri keterangannya St. Murni,S.Pd.Mat ini berharap kepada pemerintah daerah khususnya Dinas Pendi¬dikan dan Olah Raga (Dikpora) Kabupaten Bima untuk dapat menambah tenaga guru yang PNS disekolahnya khususnya pada pelajaran-pelajaran yang di UN-kan serta Guru Agama. (GA. 321/adv*)
×
Berita Terbaru Update