-->

Notification

×

Iklan

Ribuan Hektar Tanaman di Wera, Terancam Gagal Panen

Thursday, March 8, 2012 | Thursday, March 08, 2012 WIB | 0 Views Last Updated 2012-03-08T02:39:26Z
Bima, Garda Asakota.-
Bencana alam yang melanda Kecamatan Wera Kabupaten Bima kerap terjadi. Tahun 2011 lalu misalnya, bencana banjir bandang diderita warga masyarakat Kecamatan Wera hingga menyebabkan ratusan hektar tana¬man padi rusak total. Sementara bencana alam yang terjadi tahun ini berupa keke¬ringan, akibatnya, ribuan hektar lahan pertanian padi, kacang tanah, dan jagung di sejumlah desa
 terancam tidak bisa berproduksi alias gagal panen.
Kelapa Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pertanian Kecamatan Wera, H. Idris, A.Md, yang dimintai tanggapannya menjelaskan bahwa, terjadinya kekeringan tanaman pertanian diakuinya akibat hujan yang sudah tidak turun sejak akhir Februari hingga awal Maret ini.
Menurutnya, kerusa¬kan tanaman Pertanian yang didata sesuai dengan hasil tinjauan lapangan yakni luas areal Pertanian 226,37 Ha mengalami keru¬sakan ringan, dan kerusakan sedang seluas 184,27 Ha. “Sehingga total kerusakan lahan Pertanian mecapai 410,60 Ha dan ini terjadi di desa Tawali, Nunggi, Bala, Ntoke dan Desa Pay Kecamatan Wera,” ungkap H. Idris, kepada wartawan, Sabtu (3/3).
Sedangkan untuk areal tanaman kacang tanah yang mengalami kerusakan ringan dan sedang berjumlah 121,25 Ha dan ini terjadi di Desa Pay. Lalu untuk areal tanaman jagung yang mengalami kerusakan ringan dan sedang berjumlah 173,75 Ha seperti terjadi di Desa Tawali dan Desa Pay. “Dilihat dari keadaan tanaman akibat keke¬ringan tersebut tanaman tidak bisa dipro¬duksi lagi karena mengingat umur tanaman rata-rata dua bulan,” akunya. (GA. 222*)
×
Berita Terbaru Update