-->

Notification

×

Iklan

Waspadai Bencana, BPBD Pemkab Dompu Bentuk Desa Tangguh

Monday, October 10, 2011 | Monday, October 10, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-10-10T00:15:16Z

Dompu, Garda Asakota.-
Sejak ditetapkannya status anak gunung Tambora pada Siaga Level III sampai saat ini Kamis (6/10) status tersebut belum ber­ubah walaupun kondisi aktivitas dari hasil pengamatan cenderung mengarah kembali pada level II Waspada.             Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Islam, SH, ditemui di ruang kerjanya menyampaikan bahwa status anak gunung Tambora sampai saat ini menurut laporan yang masuk pada instansinya, masih belum berubah.
“Walaupun tidak segawat pada saat-saat kemarin aktivitasnya hampir mengarah status Awas level I.
Mudah-mudahan penurunan aktivitas ini bisa menurun kembali sampai pada status Waspada level III,” ujarnya.
Lebih lanjut Islam, SH, menjelaskan bahwa untuk mengantisipasi sekaligus mempersiapkan seluruh warga di sekitar gunung Tambora menghadapi bencana bukan hanya bencana gunung meletus saja, instansi pihaknya bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada waktu dekat ini akan melaku­kan berbagai pelatihan pada masyarakat dalam mempersipkan terbentuknya desa Tangguh. Langkah awal dalam Persiapan Desa Tangguh ini sesuai dengan dana yang ada baru bisa dilakukan untuk tiga desa saja.
“Dan mudah-mudahan kedepannya kalau dana sudah memungkinkan maka seluruh desa yang ada di Kecamatan Pekat Kabu­paten Dompu ini akan mendapatkan pelatihan yang sama, sehingga seluruh masyarakat sekitar gunung Tambora secara mental siap menghadapi bencana baik itu gunung meletus maupun bencana alam lainnya,” harapnya. (GA. 321*)
×
Berita Terbaru Update