-->

Notification

×

Iklan

E-KTP Kabupaten Bima Diluncurkan

Wednesday, October 19, 2011 | Wednesday, October 19, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-10-18T23:59:19Z

Bima, Garda Asakota.-
Launching Pelaksanaan Penerapan Elektronik KTP (e-KTP) Di Kabupaten Bima tahun 2011 yang berlangsung di kan­tor Camat Monta dihadiri oleh Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ST, Wabup Drs. H. Syaf­rudin HM Nur, M.Pd,  Ketua DPRD Drs. H. Muchdar Arsyad, dan dua anggota DPRD Dapil II. Seperti digambarkan Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabu­paten Bima, Drs. Sirajudin AP, MM, E-KTP dimaksudkan agar warga Negara mudah dan nyaman dalam mendapatkan identitas disamping merupakan hak dasar warga ne­gara yang keabsahan identitasnya akan dilindungi terhadap penyalahgunaan iden­titas.
“Ini juga menjadi acuan bagi perumu­san kebijakan pembangunan nasional dan terpenuhinya hak penduduk melalui penyediaan KTP elektronik e-KTP secara gratis di Kabupaten Bima,” ungkapnya.
Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bima secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada dua anggota Tim Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI dan lima orang  Tim  Dinsosduk Capil NTB yang turut hadir dalam kegiatan peluncuran itu. Kehadiran tim, kata dia, merupakan  kebanggaan bagi jajaran Disduk Capil yang telah melakukan pemantauan ke 10 kecamatan. Pada acara yang juga dihadiri para Kepala SKPD, Camat se-Kabupaten Bima, Kepala UPT Dinas dan warga wajib KTP, Sirajudin menegaskan bahwa di seluruh Indonesia tahun ini mencakup 197 kabupaten/kota dan di NTB ada 4 daerah yang menjadi pilot project  e-KTP yaitu Kota Mataram, Kabupaten Bima, Lombok tengah dan Kota Bima. Terkait pelayanan e-KTP, beberapa kecamatan sudah melakukan pemotretan dan pengisian data, kecuali Kecamatan Ambalawi, Tambora dan Woha yang mengalami kendala kerusakan perangkat dan  hal ini sudah disampaikan ke Tim Kemendagri.
Kadis  Dinas Sosial, Kependudukan dan Pencatatan Sipil NTB yang diwakili Kabid Pendaftaran Penduduk, Drs. H.L Hilyun, juga mengungkapkan bahwa pembangunan sistem registrasi kependudukan  kian hari kian berkembang sesuai tuntutan dan kondisi yang menyertainya, dimana di NTB telah dimulai pada 4 daerah. Pihaknya mengaku tidak mudah melaksanakan program ini mengingat banyak kendala yang dihadapi antara lain, kedala infrastruktur, SDM pengelola dan dana.  “Untuk itu, mari beker­ja keras, melakukan koordinasi dan peren­canaan yang matang merupakan kunci keberhasilan program,” ucapnya.
Kepada Pemerintah daerah pelaksana E-KTP diharapkan mendukung penerapan dengan melakukan secara sungguh-sungguh program Nasional ini dengan mentaati aturan, mengalokasikan dana khusus terkait E-KTP  pada APBD Perubahan, menyiap­kan infrastrastruktur, SDM operator yang handal dan trampil serta melakukan koordi­nasi intens dengan instansi terkait lainnya.
Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, sebelum melakukan peninjauan ruang perangkat E-KTP mengemukakan bahwa, program E-KTP sudah disosialisasikan pada kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong (BBGR) beberapa bulan lalu sehingga masya­rakat telah mengetahui adanya program ini. Untuk kelancaran kegiatan di masing-masing wilayah, kata dia, seluruh camat dan kades dihimbau untuk menyuk­seskan program ini. Bupatipun meminta para operator yang telah dibekali SK, agar dapat bekerja sebagai tenaga operator dengan tulus membantu masyarakat. “Pemerintah Kabupaten Bima akan berupaya mendukung, meskipun dalam suasana yang serba terbatas. Mohon bekerja dan bertbuat untuk masyarakat agar mereka memiliki identitas yang jelas,” pintanya.
Dengan munculnya Nomor Induk Kependudukan (NIK) tiap warga negara hanya memiliki satu identitas. Ke depan bisa saja identitas ini menjadi rujukan pembuatan identitas lainnya seperti SIM, kartu kredit. Hal ini memudahkan aparat melakukan pengamanan. Pemerintah pada prinsipnya melakukan antisipasi yang intinya mem­berikan pelayanan publik. Pemkab Bima tidak ingin membebani warga terkait pembiatan KTP ini, makanya tidak dipungut biaya. “Camat yang pungut biaya akan ditindak,” tegas Bupati. (GA. 212/Adv*)
×
Berita Terbaru Update