-->

Notification

×

Iklan

Sirajuddin, MM: Kabupaten Bima Paling Siap Layani E-KTP

Monday, September 26, 2011 | Monday, September 26, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-09-26T00:21:59Z

Bima, Garda Asakota.-
Hampir seluruh wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Bima NTB telah mempersiapkan diri didalam melaksanakan program E-KTP atau KTP Elektronik.  Se­cara umum, 18 Kecamatan di Kabupaten Bima sudah siap, karena semua peralatan (server pendukung, red) sudah dipasang di setiap kantor Kecamatan. “Sudah siaplah. Untuk daerah di NTB ini, kita di Kabupaten Bima paling siap melaksanakan program E-KTP. Insya’Allah, paling telat Oktober men­datang sudah mulai jalan,” ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bima, Drs. Sirajuddin AP, MM, kepada Garda Asakota, Selasa (21/9).

Untuk Kabupaten Bima program E-KTP sedianya baru akan dilaksanakan pada tahun 2012 mendatang, namun berkat adanya upaya pendekatan pihak Kadis Capil bersama Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, ke pemerintah Pusat, maka disetujui dima­jukan pelaksanaannya tahun 2011 ini. Maka­ nya, guna mendukung program E-KTP secara Nasional ini, selain drop alat (server) oleh pemerintah Pusat yang dipasang di 18 Kecamatan Kabupaten Bima, Pemkab Bima malah sudah menyiapkan dana sharing senilai Rp1 Milyar lebih untuk mobilisasi massa seperti pengadaan jenset, honor operator, dan untuk dana pendamping lainnya.
“Seluruh peralatan proses dan pence­takan E-KTP sudah disiapkan oleh Pusat. Dan sampai saat ini pemasangan semua jaringan di kecamatan sudah hampir rampung. Begitu seluruh peralatan dipasang akan datang konsosrsium untuk menginstall peralatan, dan begitu oke, langsung kita eksen dengan kegiatan foto missal, sidik jari, dan input data dengan sistem on-line,” ucapnya. Dijelaskannya bahwa, E-KTP hampir sama dengan KTP biasa. Hanya saja bentuknya selain tebal, E-KTP juga dileng­kapi kartu chips (memori) yang ditanam di E-KTP untuk memudahkan pengtrolan bagi penggunanya. “Pergi kemana saja akan terkontrol oleh radar, karena dalam E-KTP itu ada memori. Ini tujuannya untuk menekan jangan sampai muncul KTP ganda dan sebagainya,” katanya.
Mantan Kabag Humaspro Pemkab Bima menambahkan bahwa, untuk cetak perdana E-KTP secara gratis akan dilaksanakan di Jakarta, namun akan diawali dengan foto massal secara serentak, sidik jari, dan input data di setiap wilayah kecamatan secara gratis pula. “Nanti bila sudah selesai program Pusat ini, maka mulai per Januari tahun 2012, E-KTP akan mulai dicetak di Kabupaten Bima, dan tentunya sudah tidak gratis lagi. Makanya sekarang mumpung gratis, kami berharap kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bima baik yang sudah masuk umur 17 tahun ke atas maupun yang sudah pernah kawin, agar meman­faatkan pembuatan E-KTP tahun ini, mum­pung masih gratis. Sebab, bila program Nasional ini berakhir, maka mulai tahun Januari 2012 pembuatan E-KTP akan diberlakukan tarif sesuai ditetapkan pemerintah,” imbuhnya mengingatkan.
Sirajuddin AP menambahkan, bila E-KTP ini telah dicanangkan Oktober mendatang dan mulai diberlakukan, maka KTP manual yang ada sekarang tidak akan berlaku lagi, meskipun masa aktifnya masih ada. “Begitu E-KTP sudah berlaku, maka KTP manual tidak boleh berlaku lagi,” tandasnya. (GA. 212/adv*)
×
Berita Terbaru Update