-->

Notification

×

Iklan

Pawai Taaruf Awali Pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Asakota

Wednesday, July 27, 2011 | Wednesday, July 27, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-07-27T07:42:20Z

Kota Bima, Garda Asakota.-
Pawai taaruf mengawali serangkaian acara pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-VII tingkat Kecamatan Asakota Kota Bima tahun 2011 yang digelar di arena MTQ Kelurahan Jatiwangi, 24 hingga 28 Juli mendatang. Peserta pawai merupakan perwakilan kontingen dari empat Kelurahan di Asakota yakni, Jatibaru, Jatiwangi, Melayu, dan Kelurahan Kolo, termasuk perwakilan intansi dan sekolah-sekolah yang berada di lingkup Kecamatan Asakota.
Urutan iring-iringan pawai taaruf ini diawali oleh pembawa spanduk tema, pembawa bendera kafilah, marching band, dan diikuti para peserta sesuai dengan nomor urut keberangkatan yang diberikan oleh pihak panitia.
Ketua panitia MTQ tingkat Kecamatan Asakota, Drs. Syahruddin MT, M. Si, mengatakan, pawai taaruf dalam rangka menyambut pembukaan MTQ yang diadakan pada malam harinya. “Pawai ini diikuti lebih dari seribuan peserta yang mengenakan pakaian busana muslim,” ungkap pria yang kerap disapa Dae Redo ini.
Sementara itu, pada pembukaan acara di panggung kehormatan yang dihadiri oleh Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE, menampilkan salawat badar dan nyanyian Islami dari anak-anak SD di Kecamatan Asakota. Selain itu, juga menampilkan salah satu kesenian tradisional Bima ‘Kareku Kandei’ oleh ibu-ibu warga Kelurahan Jatiwangi.
Wakil Walikota Bima dalam sambutannya mengajak warga masyarakat agar melalui ajang MTQ ini dapat mengembangkan minat dalam hal membaca dan melantunkan ayat suci Al-Quran. “Bukan hanya itu, saya juga mengajak masyarakat untuk memahaminya dan mengamalkan dalam kehidupan sehari- hari,” ajaknya. Ajang MTQ diharapkan dapat memupuk Ukhwah Islamiyah antar peserta dan menjalin silaturahmi dengan sesama untuk menumbuh kembangkan semangat pengabdian pada masyarakat dalam syiar Islam. “Melalui MTQ ini pula mari kita berkomitmen dalam membumikan Al-Quran, magrib mengaji dan Bima berzakat dan mohon dukungan program ini bisa berjalan dengan lancar dengan penuh rasa kebersamaan dan penuh tanggung jawab,” ujarnya.
Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia Pelaksana, Drs. Syahruddin MT, menjelaskan bahwa, mata lomba MTQ Asakota mengikutkan lebih dari enam cabang perlombaan seperti cabang tilawah, tahfiz, fahmil serta dekorasi, naskah, dan kasidah rebana, dengan total jumlah peserta sebanyak 148 peserta. Adapun soal dewan hakim yang akan memberikan penilaian saat lomba, panitia telah menyiapkan 13 Dewan Hakim. “Mereka dipastikan akan memberikan penilaian seobyektif mungkin,” katanya. Pihaknya berharap agar MTQ tingkat Kecamatan Asakota ini, dapat berjalan lancar dan melalui ajang ini dapat menghasilkan juara-juara yang profesional yang kedepannya bisa menjadi utusan MTQ tingkat Kota Bima.
Pantauan langsung wartawan, acara yang digelar di lapangan bola lingkungan Jatiwangi ini, dibuka Wakil Walikota Bima. Ribuan warga dengan antusias memadati lapangan untuk menyaksikan kemeriahan acara pembukaan MTQ. Selain dihadiri Wakil Walikota Bima, H.A. Rahman H. Abidin, Sekda Kota Bima, H. Tajudin Umar, SH, Kepala Kementerian Agama Kota Bima, sejumlah pejabat Pemkot Bima, Camat Asakota, L. Sukarsana, S.IP, Lurah se-Kecamatan Asakota, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh lapisan warga masyarakat Asakota. (GA. 212/334*)
×
Berita Terbaru Update