-->

Notification

×

Iklan

Kegiatan Festival Kuda Bima Tahun Ini, Kurang Diminati

Wednesday, July 13, 2011 | Wednesday, July 13, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-07-13T00:20:35Z
Kota Bima, Garda Asakota.-
Kegiatan Festival Kuda Bima yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi NTB bersama Pemkot Bima di tahun 2011 ini, , Senin (4/7), nampak kurang diminati oleh warga masyarakat Kota Bima, karena tingkat partisipasi warga masyarakat, khususnya para pemilik kuda. Dari 350 ekor kuda dan 25 unit benhur yang diharapkan ikut berpartisipasi, justru hanya mengikutkan sekitar 280-an ekor kuda dan belasan unit benhur saja. Kurangnya minat warga masyarakat dalam event tahun ini, juga diperlihatkan pada saat kegiatan lomba lukis bertemakan kuda dan kegiatan seminar yang diadakan di Musium Asi Mbojo. Menurut data yang dihimpun Garda Asakota, peserta lomba lukis tahun lalu mencapai 60-an orang peserta, sedangkan tahun ini hanya sekitar 20-an orang saja,
begitupun dengan kegiatan seminarnya. Padahal Festival Kuda Bima tahun ini sengaja dihelat kedua kalinya oleh pemerintah NTB dalam upaya mengembangkan pariwisata dan menunjang program Visit Lombok Sumbawa 2012. Sejumlah kalangan menilai, komitmen dan konsistensi jajaran Pemprov sebagaimana diutarakan oleh Wagub NTB, Ir. H. Badrul Munir, MM, yang akan menjadikan Festival Kuda sebagai event tahunan sebagai salah satu promosi Pariwisata NTB, tampaknya masih banyak yang harus dievaluasi dan dilakukan perbaikan untuk optimalisasi kegiatan festival mendatang. Misal nya, gerakan sosialisasi dan upaya memberikan pemahaman akan arti dan tujuan Festival Kuda di tengah masyarakat, terutama oleh Budpar Kota Bima.

Berdasarkan iinformasi yang dihimpun Garda Asakota, selain parade kuda yang diikuti oleh sekitar 200-san ekor kuda dan 20-an benhur, juga ada pameran kuda, pernak pernik kuda (aksesoris kuda), kuliner berbahan dari daging kuda dan susu kuda liar. Festival juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian daerah yang dikolaborasikan dengan kesenian modern. Gelar pacuan Kuda Bima juga dilaksanakan pada tanggal 6 hingga 7 Juli 2011 di arena pacuan Kuda Panda, Kabupaten Bima yang dikuti oleh ratusan ekor kuda dari seluruh kabupaten/kota se-NTB maupun peserta dari provinsi lainnya. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update