-->

Notification

×

Iklan

Dusun Bombai Desa Sangiang Terendam Banjir

Saturday, March 12, 2011 | Saturday, March 12, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-03-11T23:35:46Z
Sape, Garda Asakota.-
Hampir semua pemukiman warga dusun Bombai desa Sangiang Kecama¬tan Sape Kabupaten Bima terendam banjir setinggi paha orang dewasa, Jumat (11/3). Banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut selama lebih kurang sekitar tiga jam.
Selain merendam pemukiman war¬ga, kondisi ini juga mengakibatkan lum¬puhnya
arus lalu lintas jalan dan merusak lahan pertanian masyarakat setempat. Bukan hanya itu, menurut pengakuan salah satu warga Rt. 11 Dusun Bombai, Junari (36), banjir yang sering menyam¬bangi perkampungannya ini mengaki¬bat¬kan sumur warga tercemar air kotor baik dari pegunungan maupun dari kawasan pertanian. “Untuk konsumsi air bersih, kami terpaksa harus membeli air mineral,” ungkapnya.
Menurutnya, hantaman banjir yang melanda bersumber air pengunungan karena tidak adanya pohon-pohon pena¬ han air akibat ulah oknum manusia yang tidak bertanggung-jawab menebang hutan secara liar, dan membuang sam¬pah sembarangan. Selain itu, kata dia, tidak adanya saluran pembuangan yang jelas serta dangkalnya aliran sungai. “Akibatnya, ketika hujan turun, banjir meluap ke rumah warga bahkan hingga ke jalan raya,” keluhnya.
Pantauan langsung wartawan koran ini, banjir setinggi paha dewasa tersebut, bukan saja terjadi di dusun Bombai, tapi juga kembali terjadi di desa Kowo dan merendam puluhan hektar lahan perta¬nian di Desa Parangina. (GA. 333*)
×
Berita Terbaru Update