-->

Notification

×

Iklan

Musrenbang tingkat Kelurahan Jatiwangi Digelar

Friday, February 18, 2011 | Friday, February 18, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-02-26T03:59:50Z


Kota Bima, Garda Asakota.-
Jajaran pemerintahan di Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima, Rabu (16/2), menyelenggarakan kegiatan Musawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) di aula kelurahan setempat. Tutur hadir dalam acara itu,
Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Feri Sofyan SH, Sekretaris BPMPK, Drs. H. Hajairin, Camat Asakota, Ismail M. Rasyd, SH, Lurah Jatiwangi, Fajaruddin S.Sos, sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur pemuda.
Lurah Jatiwangi, Fajaruddin S. Sos, mengungkapkan bahwa kegiatan Musrembang yang dihelat pihaknya itu untuk mengetahui dan mengevaluasi tentang program kegiatan yang ada di Kelurahan Jatiwangi, agar rancangan kegiatan pembangunan kedepannya bisa tertata dengan baik.
“Musrenbang ini membahas berba¬gai rencana acuan proyek tahun angga¬ran nantinya dengan perencanaan pro¬yek yang benar-benar mengacu pada kebutuhan riil masyarakat dan memiliki manfaat bagi kepentingan bersama,” ungkapnya. Untuk itu, dirinya mengajak warga masyarakat untuk turut ber¬partisipasi dalam hal membangun Kota Bima. “Jadi, bukan hanya semata-mata dibebankan kepada pemerintah saja, karena pemerintah juga butuh dukungan masyarakat,” akunya.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Bima, Feri Sofyan, SH, menjelas¬kan bahwa Musrenbang merupakan momen yang sangat tepat bagi warga masyarakat untuk menyalurkan aspira¬sinya karena secara undang-undang diakui. “Dan ini merupakan proses awal dari pembangunan di Kota Bima dalam menjaring aspirasi masyarakat. Dimana aspirasi ini akan ditampung di tingkat Kelurahan lalu akan dilanjutkan di tingkat kecamatan kemudian akan diteruskan ke DPRD untuk dijadikan materi pembahasan untuk dituangkan dalam dokumen APBD,” jelasnya.
Perlu diketahui, kata dia, tidak semua aspirasi masyarakat itu semua¬
nya terakomodir ke dalam APBD, karena pemerintah juga mempunyai keterbatasan anggaran.
“Namun bagi usulan program yang paling urgen (prioritas) dan sangat vital bagi kebutuhan dan menyentuh masyarakat, Insya’Allah akan diuta¬makan,” tegasnya.
Hal senada juga dikemukakan oleh Sekretaris Badan Pemberdayaan Masya¬rakat dan Pemerintahan Kelura¬han (BPMPK) Kota Bima, Drs. H. Hajairin. Dia mengingatkan masyarakat agar tidak hanya menyampaikan aspirasi saja, karena kepedulian untuk memperbaiki lingkungan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah.
“Tapi masyarakat harus mempunyai rasa memiliki yang sama dengan pemerintah, sehingga pembangunan yang telah diusulkan oleh masyarakat akan dioptimalkan dan dapat menyen¬tuh masyarakat,” sambungnya.
Guna mendapatkan agenda program prioritas, dirinya meminta agar usulan¬nya dapat dimusyawarahkan dari tingkat bawah baik dari Rt/Rw dan diusulkan ke tingkat Kelurahan, sehingga kelurahan akan mengusulkan ke tingkat lebih atas. (GA. 334*)
×
Berita Terbaru Update