-->

Notification

×

Iklan

Siswa SMK-PP Gelar Baksos

Monday, January 24, 2011 | Monday, January 24, 2011 WIB | 0 Views Last Updated 2011-01-24T04:44:36Z


Bima, Garda Asakota.-
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pertama (SMK-PP) Negeri Bima, menggelar kegiatan bakti sosial yang dipusatkan di Paruga Nae Keca¬matan Woha, Sabtu (22/1) . Selain siswa SMKPP bakti sosial di bidang penghi¬jauan ini, juga diikuti para UPTD Dik¬pora, UPTD Dinas Kehutanan dan Ka¬ des se-Kecamatan Woha dan Palibelo.
Kepala SMK-PP Jatiwangi Bima, Ir. H. Saiful HAZ, MM, menjelaskan bahwa, tahun ini, tema kegiatan bakti sosial adalah “Lestarikan Lingkungan Melalui Penghijauan”. “Agenda ini merupakan ruang bagi para siswa untuk mempraktekkan ilmu yang diperoleh dalam ruang kelas secara langsung di lapangan,” ungkapnya sebagaimana dilansir Kabag Humaspro Pemkab Bima, Drs. Aris Gunawan.
Bupati Bima, H. Ferry Zulkarnain, didampingi Kadis Kehutanan, Camat Woha, Kapolsek Woha, dan jajaran SMK-PP Bima saat itu melakukan peng¬hijauan di ruas jalan Talabiu-Dore sepanjang 3 km. Penanaman ini berupa 300 glodokan pohon yang ditanam pada ruas tengah jalan, 600 pohon mahoni, dan 600 trembesi pada sisi kiri dan kanan jalan. Bakti sosial melalui kegiatan penghijauan oleh 368 siswa dan 56 tenaga kependidikan SMK-PP merupakan program tahunan sekolah
yang bernaung dibawah Dinas Perta¬nian Tanaman Pangan dan Horti¬kultura Provinsi NTB. “Inilah bentuk dari program prioritas pendidikan dan pengabdian masyarakat melalui kegiatan penghijauan yang dilaksanakan secara berkelanjutan pada beberapa wilayah,” tegasnya.
Di Provinsi NTB, sekolah yang dipimpinnya merupakan lembaga pendidikan kedua yang masih bertahan selain sekolah yang sama di Lombok Tengah dan di seluruh Indonesia, hingga saat ini tersisa 162 Sekolah Pertanian Pertama (SPP). Tahun depan, lanjut Syaiful, akan dibuka jurusan kesehatan hewan untuk mengantisipasi tingginya kebutuhan tenaga kesehatan hewan bagi percepatan produksi ternak. “Pak Syaiful berharap ke depan sekolah yang dipimpinnya dapat menjadi cikal bakal Fakultas Pertanian Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di NTB,” harapnya.
Sementara itu, Pemerintah Kabupa¬ten Bima melalui Kepala Dinas Kehu¬tanan Kabupaten Bima, Ir,. Thamrin, menyampaikan terima kasih atas kepedulian keluarga besar SMKPP dalam melestarikan lingkungan melalui kegiatan penghijauan ini. Dalam lima tahun ke depan, kata dia, secara berta¬hap, seluruh jalan negara dan provinsi, akan ditanami pohon pelindung. “Dan Al-Hamdulillah, pada beberapa waktu terakhir, upaya penanaman pohon oleh masyarakat semakin meningkat,” tegasnya. Untuk mengantisipasi hal ini, Dinas Kehutanan merealisasikan pem¬bibitan 2,6 juta pohon, dan pembibitan melalui kegiatan Kebun Bibit Desa (KBD) sebanyak 1,8 juta pohon. Tahun depan, ditargetkan pembibitan 3,5 juta pohon dengan dana yang bersumber dari pemerintah pusat. Thamrin mengajak siswa untuk menjaga dengan baik bibit yang diberikan, “Mari berbuat untuk Bima dengan menanam pepo¬honan,” ajaknya. (GA. 234*)
×
Berita Terbaru Update