Sekda: Gerakan Seribu Taman, Perlu Dukungan Semua Pihak

Bima, Garda Asakota.-
Keinginan Pemerintah Kota Bima untuk menata Kota Bima melalui gera¬kan seribu taman, bukan isapan jempol semata. Sebagai bentuk komitmen, saat ini delapan bagian yang ada di lingkup Sekretariat sedang menata Taman sepanjang areal Dae La Kosa, gebrakan tersebut merupakan langkah awal dari sekian banyak areal Taman yang akan ditata dan dirawat.
Menindak-lanjuti program prioritas Walikota Bima, Sekda Kota Bima, Drs. H. Tajuddin Umar, Senin (24/1), ber¬tempat di aula pemkot Bima, memimpin Rakor yang dihadir seluruh Satker. “Pertemuan ini membahas pembagian areal Taman yang akan ditata oleh seluruh satker, BUMN, BUMD, Orga¬nisasi Profesi, paguyuban, LSM, Ormas dan elemen masyarakat lainnya,” ungkap Kabag Humaspro Pemkot Bima, Lalu Sukarsana, S. IP.
Menurutnya, gerakan seribu taman, tentunya akan dapat diwujudkan jika ada komitmen semua elemen untuk berpar¬tisipasi dan memiliki tanggung jawab penuh untuk menata dan merawat Taman yang sudah dibuat. “Akan sia-sia saja jika seandainya Taman yang kita bikin tidak kita rawat, demikian pula hal¬nya jika masyarakat masih membiarkan hewannya berke¬liaran, tentunya taman-taman tersebut akan sulit dipelihara. Inilah kita butuhkan kesadaran dan partisipasi semua ele¬men,” ungkapnya mengutip pernyataan Sekda.
Ditegaskan bahwa, pada Tahun 2010 yang lalu Kota Bima sudah menerima Piagam Penghargaan Adipura, ini berarti selangkah lagi jika kita mau secara sungguh-sungguh, piala Adipura tentunya akan mampu diraih.
“Salah satunya adalah penataan kualitas ling¬kungan melalui pembuatan dan pena¬taan taman, namun Adipura bukanlah tujuan akhir, yang terpenting adalah bagaimana kita membentuk ka¬rak¬ter masyarakat Kota Bima untuk mau peduli dan cinta akan lingkungan¬nya,” tegasnya.
Sementara itu, Asisten II Setda Kota Bima Ir. Hamdan, menjelaskan bahwa, saat ini sesuai dengan SK Walikota Bima, ada 56 lokasi yang telah ditentukan untuk ditata dan dirawat oleh Satker, BUMN, BUMD, Organisasi Pro¬fesi dan Ormas. Kepada mereka di¬ha¬rapkan agar segera eksen, penataan dan perawatan Taman ini merupakan langkah awal untuk melakukan kegiatan lainnya, seperti penataan Drainase, penghijauan, kebersihan, gebrakan ini sangat efektif disamping hemat biaya, juga diharapkan tumbuh kesadaran yang tinggi dari mereka yang telah diberi kepercayaan. (GA. 212*)

Post a Comment

Previous Post Next Post