Header Ads

Tadi Pagi, Jamaah Ponpes Darul Ulumi Wal Amal Ntobo Gelar Sholat Idul Fitri

Suasana Jamaah Sholat Idul Fitri 1441 H di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulumi Wal Amal Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba Kota Bima, Jumat pagi (22/5) Foto, Asikin Gilipanda/FB

Kota Bima, Garda Asakota.-

Jamaah Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulumi Wal Amal Kelurahan Ntobo Kecamatan Raba Kota Bima, Jumat (22/5) melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah di halaman Ponpes setempat. Selain diikuti para santri, pelaksanaan sholat Id ini juga diikuti sebagian warga sekitar pondok.

"Alhamdulillah, hari ini kami sudah selesai melaksanakan sholat Id Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah berdasarkan keputusan hisab internal Pondok," ungkap TGH Afandi bin H. Ibrahim, Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulumi Wal Amal kepada Garda Asakota.

Menurutnya, keputusan sholat Idul Fitri hari ini, kata dia, mengacu pada firman Allah SWT, "Walitukmilul ‘iddata walitukabbirullaha ‘ala ma hadakum wala’allakum tasykurun, 'Dan hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang telah diberikan kepada kalian agar kalian bersyukur. (Al-Baqarah:185), TGH Afandi menjelaskan bahwa bila genap hitungan anda (bagi yang hisab) itu langsung takbir mulai dari tenggelamnya matahari sampai masuk iman.

Perhitungan bulan itu, kata dia, ada dua yakni rukyah dan hisab. Sedangkan hisab itu ada dua macam lagi yakni hisab bil ghaibiyah (tidak melihat bulan) dan hisab bisyukhudiyah yaitu perhitungan berdasarkan kesaksian bentuk bulan.

"Yang kita pakai yakni perhitungan hisab berdasarkan perhitungan menyaksikan bentuk bulan. Sehingga hitungan kami, puasa Ramadhan genap 30 hari," tegasnya.

Meski pihaknya sudah melaksanakan lebaran lebih awal, namun hal itu tidak berarti menyalahkan umat Islam yang melaksanakan sholat Id Fitri belakangan.

"Tapi yang belakangan nggak salah juga berdasarkan Sabda Rasulullah, jika kalian melihatnya (hilal bulan Romadhon) maka berpuasalah. Dan jika kalian melihatnya (hilal bulan Syawwal) maka ber idul fitrilah," tegasnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh wartawan, yang bertindak sebagai khatib Id Fitri di Ponpes Darul Ulumi, yaitu TGH. Afandi  Bin H. Ibrahim sekaligus Pimpinan Pondok Darul Ulumi. Dalam khutbahnya, Tuan Guru menyampaikan ada 3 (tiga) tali ketakwaan terhadap Allah yaitu berdzikir, shalat, dan Puasa di Bulan Ramadhan. "Mari kita bertakwa, saling menghargai satu sama lain, dan tidak saling mencemooh," pesannya.

Dalam Penutupnya, Tuan Guru juga mengharapkan kepada semua jamaah yang hadir agar menghormati saudara saudara muslim lainnya yang masih berpuasa dan selalu menjaga kesehatan. "Apalagi di tengah wanah corona ini, jaga jarak dan membiaskan hidup bersih," pungkasnya. (GA. 212*)






Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.