Header Ads

NTB Darurat Lonjakan Pasien Covid19 Menyusul Adanya Penambahan 54 Kasus Baru


Mataram, Garda Asakota.-

Lonjakan kasus baru covid19 di NTB per Jum'at (22/5) sungguh mengejutkan sekaligus mengagetkan kita semua. Bahkan lonjakan kasus ini  mencatatkan rekor jumlah kasus covid19 terbanyak sejak di deteksi adanya kasus pertama beberapa bulan yang lalu.

Berdasarkan siaran pers terbaru Sekretaris Daerah Selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Drs. H. LALU GITA ARIADI, M.Si, bahwa pada hari ini Jumat, 22 Mei 2020, telah diperiksa di Laboratorium RSUD Provinsi NTB, Laboratorium RS Unram, dan Laboratorium Genetik Sumbawa Technopark sebanyak 193 sampel
dengan hasil 131 sampel negatif, 8 (delapan) sampel positif ulangan, dan 54 sampel kasus baru positif Covid19.


Kasus baru positif tersebut, yaitu 22 orang warga Lombok Barat, 18 orang warga Kota Mataram,  8 orang warga Lombok Timur, 1 orang warga Lombok Utara, 1 orang Kabupaten Bima.

Sedangkan ada beberapa orang warga dari luar NTB seperti 4 orang penduduk Bali. Mereka itu adalah pasien nomor 459, an. Tn. INS, laki-laki, usia 55 tahun, penduduk Denpasar Timur Provinsi Bali. Pasien pernah melakukan perjalanan dari Bali. Riwayat kontak dengan pasien Covid19 dari Bali. Saat ini menjalani karantina di Kabupaten Lombok Barat dengan
kondisi baik.

Pasien nomor 460, an. Tn. IGASA, laki-laki, usia 24 tahun, penduduk Nusa Penida, Bali.
Pasien pernah melakukan perjalanan dari Bali. Riwayat kontak dengan pasien Covid19 dari Bali. Saat ini menjalani karantina di Kabupaten Lombok Barat dengan kondisi baik.

Pasien nomor 461, an. Tn. IKAA, laki-laki, usia 27 tahun, penduduk Denpasar, Bali. Pasien pernah melakukan perjalanan dari Bali. Riwayat kontak dengan pasien Covid19 dari Bali. Saat ini menjalani karantina di Kabupaten Lombok Barat dengan kondisi baik.

Pasien nomor 462, an. Ny. NKDY, perempuan, usia 23 tahun, penduduk Denpasar, Bali. Pasien pernah melakukan perjalanan dari Bali. Riwayat kontak dengan pasien Covid19 dari Bali. Saat ini menjalani karantina di Kabupaten Lombok Barat dengan kondisi baik.

Selain penduduk Bali, ada juga pasien nomor 463, an. Tn. H, laki-laki, usia 31 tahun, penduduk Tasikmalaya, Jawa Barat. Riwayat bekerja di Kabupaten Sumbawa. Riwayat kontak dengan orang sakit Covid19
tidak pernah. Saat ini menjalani karantina di Mataram dengan kondisi baik.

Sekda menambahkan bahwa selain 54 orang pasien positif baru juga terdapat penambahan 7 (tujuh) orang yang sembuh dari Covid19 setelah pemeriksaanl aboratorium swab dua kali dan keduanya negatif, yaitu pasien nomor 48, an. Tn. A, laki-laki, usia 32 tahun, penduduk Kelurahan Rabangodu Utara Kecamatan Raba, Kota Bima.

Pasien nomor 150, an. Tn. ZT, laki-laki, usia 50 tahun, penduduk Kelurahan Ampenan
Utara, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

Pasien nomor 166, an .Tn. J, laki-laki, usia 41 tahun, penduduk Kelurahan Ampenan
Selatan, Kecamatan Ampenan, Kota Mataram.

Pasien nomor 246, an. Tn. A, laki-laki, usia 44 tahun, penduduk Desa Nusa Jaya,
Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu. Pasien nomor 248, an. Tn. M, laki-laki, usia 54 tahun, penduduk Desa Keramat, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu.

Pasien nomor 249, an. Tn. H, laki-laki, usia 25 tahun, penduduk Desa Nowa, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu.

Pasien nomor 331, an. Ny. ES, perempuan, usia 50 tahun, penduduk Desa Sesela,
Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat.

Dengan adanya tambahan 54 kasus baru terkonfirmasi positif, 7 (tujuh) tambahan sembuh baru dan ada 1 (satu) kasus kematian baru, maka jumlah pasien positif Covid19 di Provinsi NTB sampai hari ini (22/5/2020) sebanyak 464 orang, dengan perincian 258 orang sudah sembuh, 8 (delapan) meninggal dunia, serta 198 orang masih positif dan dalam keadaan baik.

Untuk mencegah penularan dan deteksi dini penularan Covid-19, petugas kesehatan tetap melakukan Contact Tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang terkonfirmasi positif. (GA. Red*)




Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.