-->

Notification

×

Iklan

Senin Besok, rt-PCR di RSUD NTB Akan Dioperasikan, Hasil SWAB 1x24 Jam Bisa Diketahui

Sunday, April 5, 2020 | Sunday, April 05, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-05T00:23:34Z
Direktur RSUD Provinsi NTB, dr H Lalu Hamzi Fikri, saat memamerkan alat rt-PCR. (Sumber foto: IST*)

Mataram, Garda Asakota.-

Tim Medis di Rumah Sakit Umum Daerah se-Provinsi NTB serta masyarakat di daerah sudah tidak perlu khawatir lagi menunggu hasil yang terlalu lama untuk mengetahui seseorang sudah positif atau negative terkena Corona Virus Desease (Covid19), khususnya bagi pasien dalam pengawasan (PDP), karena Senin besok, 06 April 2020, RSUD Provinsi NTB sudah mulai mengoperasikan alat yang bernama real time Polymerase Chain Reaction (rt-PCR) dan reagen yang bersumber dari bantuan Litbangkes Pusat.

“Benar, alat kita sudah ada dan bantuan reagen dari Litbangkes. Insha Alloh, Senin (06 April 2020) mulai running. Sekarang sudah bisa menerima sampel PDP dari Rumah Sakit Jejaring. Dan untuk saat ini, kita akan prioritaskan untuk melakukan pemeriksaan bagi PDP,” jelas Direktur RSUD Provinsi NTB, dr H Lalu Hamzi Fikri, kepada wartawan media garda asakota, Minggu 05 April 2020.

Dengan adanya alat rt-PCR ini, Dokter Hamzi, mengungkapkan, akan lebih memudahkan bagi daerah untuk mendapatkan hasil SWAB terhadap PDP. “Selama ini, kita kirim ke Litbangkes Pusat memakan waktu 6-7 hari. Sekarang kita bisa menerima hasil minimal 1x24 jam,” ujar pria yang dikenal ramah ini.

Saat sekarang ini, total jumlah PDP di NTB berkisar di angka 84 orang, bagi RSUD Kabupaten dan Kota yang ingin mengirimkan sampel SWAB ke Litbangkes RSUD NTB seperti apa?. 

Menurutnya, RSUD Kabupaten dan Kota sudah dilatih oleh Dinas Kesehatan untuk pengambilan SWAB. “Dengan VTM sampel dikirim ke Lab Biomedik Litbangkes RSUD Provinsi NTB. Kita juga bisa berbagi dengan Laboratorium Unram yang sudah ada alat rt-PCR juga dan kami sudah koordinasikan dengan Unram,” pungkasnya. (GA. Im*).
×
Berita Terbaru Update