-->

Notification

×

Iklan

2 Pasien Positif Covid19 Dinyatakan Sembuh dan Dipulangkan, PDP Dinyatakan Sembuh 56 Orang

Thursday, April 9, 2020 | Thursday, April 09, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-04-08T23:47:37Z
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Drs H Lalu Gita Ariadi, M.Si., selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas.

Mataram, Garda Asakota.-

Pasien 01 positif Corona Virus Desease 2019 (Covid19) inisial Y dan pasien 04 positif Covid19 inisial YT telah dinyatakan sembuh oleh Gugus Tugas Penanganan Covid19 Provinsi NTB.

“Pasien 01 inisial Y dan pasien 04 inisial YT telah dinyatakan sembuh berdasarkan pemeriksaan SWAB dengan hasil negative Covid19 dan diperbolehkan pulang. Sebelum pulang, dilakukan tindakan disinfeksi terhadap pasien. Sedangkan pasien positif lainnya secara klinis kondisi kesehatannya semakin membaik, masih menunggu test negatif 2 (dua) kali untuk dapat dipulangkan,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB, Drs H Lalu Gita Ariadi, M.Si., selaku Ketua Pelaksana Harian Gugus Tugas, Rabu 08 April 2020.

Sementara itu, dikatakannya, Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang masih dalam pemantauan sebanyak 1.880 (seribu delapan ratus delapan puluh) orang, terjadi penambahan sebanyak 70 (tujuh puluh) orang dari sebelumnya, dan bebas dari masa ODP sebanyak 1.379 (seribu tiga ratus tujuh puluh sembilan).

“Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih dalam pengawasan sebanyak 50 (lima puluh) orang, bertambah 6 (enam) orang dari sebelumnya. Sementara PDP yang bebas dari status PDP atau sembuh sebanyak 56 (lima puluh enam) orang,” kata Sekda NTB.

RSUD Provinsi NTB, lanjut Sekda, dengan alat rt-PCR yang baru telah memeriksa 11 (sebelas) sampel dengan hasil semuanya negatif, dengan perincian 3 (tiga) sampel diperiksa pada tanggal 6 April 2020 dan 8 (delapan) sampel pada tanggal 7 April 2020.

Sementara, di seluruh NTB, ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi sebanyak 68 (enam puluh delapan) tempat tidur dengan perincian 54 (lima puluh empat) tempat tidur di ruang isolasi negatif dan 14 (empat belas) tempat tidur di ruang isolasi positif.

“Jumlah tempat tidur di ruang isolasi ini terus ditambah sampai 235 (dua ratus tiga puluh lima) tempat tidur yang terdiri dari 149 (seratus empat puluh sembilan) tempat tidur di ruang isolasi negatif dan 86 (delapan puluh enam) tempat tidur di ruang isolasi positif,” terangnya.

Disisi lain, pihaknya juga menyampaikan adanya satu (1) orang pasien dalam pengawasan (PDP), laki-laki berinisial HM, warga Kabupaten Lombok Barat (Lobar) yang dinyatakan telah meninggal dunia pada Rabu 08 April 2020. Menurutnya, pasien PDP ini dirawat di RSUP NTB sejak tanggal 27 Maret 2020 dan diambil swab pada tanggal 28 Maret 2020. Pemeriksaan laboratorium swab pertama menunjukkan hasil negatif Covid-19 dan kondisi kesehatannya membaik, sehingga dipindahkan ke ruang perawatan.

“Namun pada tanggal 8 April 2020 kondisi kesehatannya kembali memburuk, dan dipindahkan ke ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan intensif dan meninggal pada pukul 17.30 WITA. Berdasarkan hasil swab RSUP malam ini NEGATIF Covid-19,” ujar HL Gita Ariadi.

Pihaknya berharap kepada semua lapisan masyarakat untuk tetap tenang, selalu menggunakan masker dalam setiap aktivitas, menghindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat, dan mengurangi aktifitas di luar rumah.

“Dengan cara itulah kita bisa berkontribusi untuk menjaga keselamatan kita bersama agar terhindar dari wabah Covid-19,” pungkasnya. (GA. Im*).
×
Berita Terbaru Update