-->

Notification

×

Iklan

Lurah Pane Ajak Warga Berpartisipasi dalam Pembangunan

Tuesday, February 25, 2020 | Tuesday, February 25, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-02-25T09:14:47Z

Kota Bima, Garda Asakota.-

Pemerintah Kelurahan Pane menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima Tahun 2020, Selasa 25 Febuari 2020.

Lurah Pane Khairul Amar SE, mengungkapkan, bahwa kegiatan Musrenbang yang dihelat ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi tentang program kegiatan yang ada di Kelurahan Pane agar rancangan kegiatan pembangunan kedepannya bisa tertata dengan baik dan terarah.

“Musrenbang ini membahas berbagai rencana yang berskala prioritas yang benar-benar mengacu pada kebutuhan riil masyarakat dan memiliki manfaat bagi kepentingan bersama,” ungkapnya.

Pada kesempatan Musrenbang yang dihadiri perwakilan Dinas PUPR, Dinas Bappeda dan Libang, Sekcam Rasbar, Ketua LPM, Karang Taruna, RT, RW, Babinsa Babinkamtipmas, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat, Khairul mengajak warga masyarakat Pane untuk turut berpartisipasi dalam hal membangun Kelurahan Pane lebih khususnya membangun Kota Bima.

Diakuinya, pembangunan di Kelurahan Pane bukan hanya semata-mata dibebankan kepada pemerintah saja, tetapi butuh dukungan masyarakat Pane di mana perencanaannya dengan melibatkan langsung masyarakat yang tentu saja
aspirasi skala prioritas apa yang menjadi kebutuhan mendasar di tingkat kelurahan Pane.

Sementara itu, Camat Rasanae Barat melalui Sekcamnya, Eryadin, S.Pd menekankan, bahwa Musrenbang merupakan momen yang sangat tepat bagi warga masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya karena secara undang-undang diakui.

 “Dan ini merupakan proses awal dari pembangunan di Kota Bima dalam menjaring aspirasi masyarakat. Dimana aspirasi ini akan ditampung di tingkat Kelurahan lalu akan dilanjutkan di tingkat Kecamatan kemudian akan diteruskan ke DPRD untuk dijadikan materi pembahasan untuk dituangkan dalam dokumen APBD,” jelasnya

Kata Sekcam, ada beberapa aspek yang menjadi prioritas pembangunan yang menjadi sasaran utama program dana kelurahan yaitu aspek fisik sarana prasarana, sosial budaya dan ekonomi di mana semua aspek ini sudah terakomodir penanganan nya melalui dana kelurahan termasuk bagaimana agar ekonomi masyarakat bisa meningkat melalui Pemberdayaan masyarakat.

Dari hasil Musrenbang tingkat Kelurahan Pane ada beberapa point penting yang akan menjadi skala prioritas usulan masyarakat untuk di kawal hingga ke tingkat kecamatan dan Kota Bima di tahun 2021 nanti masih didominasi oleh aspek fisik sarana prasarana. (GA. 003*)
×
Berita Terbaru Update