-->

Notification

×

Iklan

Ini Gebrakan Baru Alan Malingi, Kepala Museum Asi Mbojo

Monday, February 17, 2020 | Monday, February 17, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-02-17T22:19:21Z

Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Ada semangat dan terobosan baru di UPT Museum Asi Mbojo. Terobosan itu adalah program Soba Asi atau Sahabat Museum. Program ini dihajatkan untuk meningkatkan kunjungan ke Museum Asi Mbojo dan Mengenalkan sejarah dan budaya Bima kepada pelajar, mahasiswa dan masyarakat.

Menurut Kepala UPT Museum Asi Mbojo, Ruslan, S.Sos, ada 5 kegiatan dalam Soba Asi yaitu Studi Sejarah Bima, Kajian Sejarah dan Budaya, Wisata Sejarah dengan Benwis (Benhur Wisata), Kursus alat Musik dan Tari Klasik Istana Bima dan Pagelaran Seni Budaya Bima.

Kegiatan studi sejarah diawali pemaparan sejarah Bima oleh narasumber, tanya jawab, pembagian kelompok observasi koleksi dan pemaparan hasil observasi oleh masing masing kelompok.

Berkaitan dengan hal ini, sekolah dan kampus dapat mengirim rombongan pelajar dan mahasiswa untuk belajar Sejarah Bima di Museum Asi Mbojo. Rombongan studi minimal 20 orang.

Kegiatan kajian sejarah dan budaya Bima rutin digelar dua kali setiap bulan yaitu pada minggu pertama dan minggu ketiga. Kegiatan ini disiapkan di pelataran sebelah selatan Museum Asi Mbojo. Tema kajian dan narasumber akan diumumkan dan  dibagikan setiap bulan untuk diketahui oleh publik.

Wisata sejarah dengan Benhur Wisata adalah kegiatan kunjungan wisata kelompok minimal 20 orang dengan rute star dari Museum Asi Mbojo, Masjid Sultan Muhammad Salahuddin, Langgar Kuno Melayu, Makam Tolobali, Makam Dana Taraha dan wisata kuliner di Pantai Lawata. Khusus ke Makam Dana Taraha, peserta jalan kaki menuju puncak.Sedangkan Benhur Wisata menunggu dibawah.

Kursus Alat Musik dan Tari Klasik Istana Bima akan dibuka pada bulan Maret 2020 bekerja sama dengan Seniman dan Sanggar Seni Samparaja Bima.

Museum Asi Mbojo akan menggelar pentas kesenian tradisional Bima secara periiodik sepanjang tahun 2020 yang dirangkaikan dengan Pameran Museum dan Seminar Sejarah.Pada kegiatan tersebut akan diterapkan juga kegiatan Sanai Mbojo Mantoi ( Sehari Dalam Balutan Bima Tempo Dulu) dimana semua pengunjung wajib mengenakan pakaian adat Bima.

UPT Museum Asi Mbojo adalah Unit Pelaksana Tehnis yang berada dibawah bidang Kebudayaan Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima. Meskipun secara kelembagaan  berada di Penerintah Kabupaten Bima, namun Museum Asi Mbojo adalah kebanggaan bersama masyarakat Kota Bima, Kabupaten Bima dan sekitarnya.

Untuk mendapatkan penjelasan tehhis berkaitan dengan Soba Asi, Museum Asi Mbojo menbuka layanan narahubung di 08123734986. (GA. 212*)


×
Berita Terbaru Update