Header Ads

Datangi Lurah, Warga Rt 09 Sapaga Keluhkan Bau Tak Sedap dari Fasum Septic Tank


Kota Bima, Garda Asakota-

Warga RT. 09 lingkungan Sapaga Kelurahan Jatibaru Barat Asakota mendatangi kantor Kelurahan Jatibaru Barat melaporkan kondisi bau menyengat yang berasal dari sebuah fasilitas umum (fasum) septic tank komunal akibat tumpu disebabkan banyaknya sampah rumah tangga yang dibuang oleh warga sekitar.

"Kejadian ini sebenarnya sudah sering terjadi dan kami yang berada di sekitar lokasi septik tank ini jadi sasaran harus mencium bau yang tak sedap akibatnya makan tak enak tidurpun tak lelap karena baunya," keluh Erfan mewakili warga.

Kata dia, septic tank ini tujuan utamanya adalah menampung tinja untuk 40 KK bukan sampah rumah tangga seperti bekas pampers atau sampah plastik lainnya tetapi oknum warga yang tak bertanggungjawab selalu saja berulah dengan membuang sampah ke dalam pipa saluran yang menuju ke septic tank. Akibatnya air septik tank meluap bekas tinja pun keluar dan bau menyengat pun tak bisa dihindari.

Untuk itu, pihaknya meminta kepada pihak Kelurahan untuk mencarikan solusi secepatnya. "Karena tentu saja kami yang berada persis di dekat lokasi septiklc tank itu tak akan pernah merasa nyaman dan tenang sebelum keluhan kami teratasi," pintanya.

Terpisah Lurah Jatibaru Barat, A. Salam, SH,  berjanji akan segera memanggil perangkat Rt dan Rw di sekitar lokasi septic tank untuk merampungkan langkah-langkah penanganan cepat dan dibuatkan pernyataan sikap dan pernyataan tertulis untuk tidak membuang sampah rumah tangga ke saluran pipa septic tank kecuali tinja.

"Mengenai sanski apa yang nantinya akan dikenakan kepada warga yang nakal ini kami akan musyawarahkan dulu dengan warga serta pihak Rt dan Rw," tegasnya. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.