Header Ads

Perpustakaan Daerah Kabupaten Bima Raih Penghargaan Terbaik Nasional


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Minim anggaran dan fasilitas menjadi kendala tersendiri bagi Dinas Dinas untuk berkinerja dan meraih prestasi. Tetapi tidak demikian halnya dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah.

Meski keadaan SDM, Anggaran, dan Sarpras yang  belum memadai tetapi semangat bekerja dan berinovasi para pegawai tetap tinggi untuk memajukan perpustakaan dan meningkatkan literasi masyarakat .



Terbukti, di penghujung tahun 2019, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima mendapat penghargaan sebagai Perpustakaan Daerah terbaik tingkat Nasional. Penghargaan tersebut diberikan pada malam penutupan kegiatan Peer Learning Meeting (PLM) Perpustakaan tingkat Nasional awal Desember 2019 di Hotel JW Marriot Surabaya.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Perpustakaan Basyirun, SPd, MPd, mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima, disaksikan oleh 1100 orang peserta PLM di seluruh Indonesla.

Kepala Bidang Perpustakaan kepada wartawan mengatakan bahwa prestasi ini merupakan bukti nyata pengakuan pemerintah pusat atas kinerja terbaik dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima. "Kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi ini, dan ini adalah wujud kerja keras dan kerja cerdas semua tim literasi di Perpusda, tiada hari tanpa inovasi," tambah Kabid asal Kecamatan Lambu ini.

Basyirun juga menceritakan kondisi perpustakaan daerah awal  sangat tidak nyaman dan tidak populer tapi sejak itu pihaknya melakukan terobosan-teronosan dan inovasi di bidang layanan sehingga menjadi sangat populer dari desa hingga ke pusat seperti saat ini.

Atas kinerja terbaik ini,  pada tahun 2019 Pemerintah Pusat memberikan kepercayaan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima sebagai pilot project Program Transformasi Perpustakaan berbasis Inklusi Sosial dan literasi untuk Kesejahteraan bersama 59 Kabupaten/Kota lain.

Bahkan yang paling membahagiakan, pihaknya mendapat anggaran dari pusat untuk pembangunan fasilitas gedung layanan perpustakaan daerah dengan nilai sebesar Rp8,6 milyar dari Dana DAK tahun 2020.

"Dengan adanya gedung baru yang mewah berstandar Nasional ini, dapat meningkatkan minat baca masyarakat untuk mendukung terwujudnya Kabupaten Bima sebagai Kabupaten Literasi" harap Kabid yang akrab dengan para awak media ini. (GA. 212*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.