Header Ads

Pekerjaan Proyek Kantor Kelurahan Oi Mbo Senilai Rp642 Juta, Tuntas 100 persen


Kota Bima, Garda Asakota.-


Pelaksana proyek kantor Kelurahan Oi Mbo Kecamatan Rasanae Timur dikabarkan sudah melakukan perbaikan beberapa item kekurangan pekerjaan sebagaimana yang menjadi temuan langsung Walikota Bima, HM. Lutfi, SE, dalam sidaknya beberapa hari lalu.

"Sekarang pekerjaannya sudah 100 persen. Karena ada masa pemeliharaan yang menjadi tanggungjawab penyedia, sekarang sudah dibenahi seperti daun pintu dan keramik wc," ungkap PPK Proyek Kantor Kelurahan Oi Mbo, Agus Mursalin, kepada Garda Asakota, Kamis (16/1).

Sebenarnya, kata dia, saat di PHO tidak ada kerusakan item pekerjaan yang ditemukan di lapangan. Ia menduga terjadinya kerusakan beberapa item pekerjaan itu pasca serah terima pekerjaan.  "Tapi sekarang sudah 100 persen final, malah sudah disumbangi air mesin air oleh pihak ketiga dan kita apresiasi," tegasnya.


Sementara itu, Kabag Pemerintahan Pemkot Bima, Ichwanul Muslimin, juga membenarkan bahwa pekerjaan kantor Lurah Oi Mbo sudah selesai 100 persen. Menyikapi temuan Walikota terkait dengan kerusakan daun pintu, keramik wc, dan keluhan ketersediaan air, diakuinya sudah dibenahi semuanya oleh pelaksana proyek.

"Sebenarnya waktu PHO hasil pekerjaan dalam keadaan baik, mungkin terjadi kerusakan pasca itu. Tapi semuanya sudah dinenahi karena ada masa pemeliharaan," akunya.

Khusus masalah ketersediaan air, diakuinya item itu tidak ada dalam RAB, karena memang anggarannya tidak cukup. Namun sekarang, katanya, pihak ketiga justru sudah menghadirkan fasilitas air meski komponen itu tidak masuk dalam RAB.

"Pihak ketiga sepertinya tidak memikirkan bayar tidak dibayarnya pengadaan air ini yang penting kantor kekurahan bisa dimaksimalkan fungsinya," pungkas Iwan.

Seperti dilansir sebelumnya, Walikota Bima, H Muhammad Lutfi, SE, merasa kecewa melihat kondisi bangunan kantor Lurah Oi Mbo yang kurang rapi dan beberapa properti yang kurang memuaskan, padahal gedung tersebut baru saja kerjakan melalui dana proyek tahun anggaran 2019 lalu sebesar Rp642 juta.

Hal itu dikemukakannya saat melakukan peninjauan dan inspeksi di kantor Kelurahan Oi Mbo, usai melakukan safari Jumat di Masjid Agung Al-Muwahidin Bima Jumat 10 Januari 2020.

Diperhatikannya beberapa properti pembangunan yang berasal dari APBD Kota Bima Tahun 2019 ini mulai dari kusen, keramik WC dan saluran air yang baginya sungguh diluar ekspektasi. (GA. 212*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.