-->

Notification

×

Iklan

Gelar LK II, HMI Cabang Bima Usung Tema 'Akselerasi Spirit Gerakan HMI di Era Digital'

Friday, January 17, 2020 | Friday, January 17, 2020 WIB | 0 Views Last Updated 2020-01-17T02:38:39Z


Kota Bima, Garda Asakota.-

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima menggelar pembukaan Kegiatan Latihan Kader II (Intermediate Training) Tingkat Nasional HMI Cabang Bima tahun 2019-2020. Pembukaan LK II yang mengusung Tema "Akselerasi Spirit Gerakan HMI di Era Digital" ini berlangsung di gedung Conventional Hall Paruga Na e Kota Bima, Kamis siang (16/1).


Hadir pada kesempatan tersebut Pimpinan DPRD Kota Bima, Kepala Kejaksaan Bima, Ketua KAHMI Kabupaten dan Kota Bima, Ketua HMI Kota dan Kabupaten Bima, Staf Ahli Walikota Bima, Kapolres Bima dan Kapolres Bima Kota, Dandim 1608 Bima, DPD KNPI Kota dan Kabupaten Bima serta segenap Kader HMI Bima.

Ketua HMI Cabang Bima, Sukrin mengatakan bahwa proses LK II HMI adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh cabang HMI di Nusantara. Dan salah satu syaratnya adalah lulus minimal enam bulan setelah LK 1.

Menurutnya, tema "Akselerasi Spirit Gerakan HMI di Era Digital" yang di angkat pada LK II kali ini tidaklah di susun dan hadir begitu saja. Akan tetapi, kata dia, ada hal-hal yang melatar belakanginya, ada realita dan fakta untuk sebuah proses penyesuaian diri dengan perkembangan jaman.

"Karena kami melihat bahwa spirit gerakan sudah jauh dari diri dan kepeibadian Mahasiswa Islam termasuk HMI Bima," ungkapnya.

Untuk itulah, pada kegiatan Latihan Kader II ini pihaknya sangat menginginkan output atau target yaitu tumbuhnya kader-kader tangguh  yang memiliki komitmen kerja untuk Daerah dan Bangsa, tidak sekedar memperindah kalimat tanpa bisa merepresentasikan dalam kehidupan nyata.

"Karena untuk Kader HMI bahwa apa yang dilakukan dalam kehidupan nyata itu telah mewakili cara berpikir serta keberadaannya di tengah masyarakat, maka hati hati dan itulah kenapa PB HMI dan Steering Coomite mengangkat tema Akselerasi spirit gerakan HMI di era digital seiring perkembangan jaman dan teknologi," katanya.

Sementara itu Ketua KAHMI Kabupaten Bima, Drs. H. Supratman AS, M. Si, menguraikan tentang kian pesatnnya perkembangan teknologi-informasi berbasis digital. Untuk itu, kata dia, HMI sebagai organisasi yang fokusnya membangun kader ummat dan bangsa sudah seharusnya menyesuaikan gerakannya dengan kadar zaman (digital), sehingga produksi kader-kader terbaik tetap terlaksana sebagaimana yang menjadi misi HMI

Salah satu contohnya adalah kader HMI tidak langsung mengkonsumsi apa yang menjadi postingan dalam facebook terutama sumbernya dari akun palsu. "Bahwa agar di era digital ini kita dapat membedakan mana akun palsu dan mana yang tidak palsu, kita harus teliti apa tujuan meraka yang menggunakan akun facebook yang palsu tersebut,” katanya.

Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Bima ini berharap, dengan tema yang diusung pada kegiatan LK II tersebut, para kader HMI tidak langsung mengonsumsi apa yang ada dalam facebook namun berupaya mencari pembanding dan proses verifikasi.

Walikota Bima melalui Staf Ahli Bidang Kesra, Kemasyarakatan dan SDM, Drs. M. Farid, M. Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa seiring perkembangan jaman pada hari ini teutama sekali terkait era digital banyak sekali dijumpai kritik yang di sampaikan melalui digital terutama kritik kepada Pemerintah.

"Tetapi perlu di ingat bahwa pemerintah tidak alergi kritik karena kritik merupakan sebuah potensi untuk mengevaluasi tentang apa yang harus dibenahi tetapi tentu saja kritik yang disampaikan pun harus mengedepankan etika dan norma yang ada. Paling tidak ada pihak yang mesti di hubungi ketika ingin menyampaikan kritik tersebut terutama yang berkaitan dengan pembangunan daerah tidak mesti melalui digital," sarannya.

Dirinya merasa yakin jika hal ini bisa dilaksanakan dengan baik karena tidak ada persoalan yang tidak bisa diselesaikan bersama. "Tetapi kalau pengguna digital ini tidak memahami penggunaannya maka itu sangatlah berbahaya sebaliknya kalau dipahami maka digital merupakan sebuah hal yang positif adanya," imbuhnya seraya berharap HMI sebagai organisasi tertua di Negara ini dapat terus berkiprah untuk masyarakat dan pemerintah.

Terpisah Pj. Ketua KAHMI Kota Bima, M. Natsir, M. Si, juga menegaskan bahwa segala aspek kehidupan di jaman digital sekarang haruslah dimanfaatkan dengan sebaiknya. Artinya kader HMI harus memahami itu sebagai sebuah pilihan karena kita ada di era digital.

Kader HMI kata Natsir, ingin memaknai proses pengkaderan ini untuk mengenal lebih dalam dan lebih detail tentang mengaktualisasikan dunia digital ini dari sisi kelembagaan, enterpreneur dan keilmuannya sehingga HMI bisa tampil mewarnai dunia digital ini sebagai sebuah peluang.

"Karenanya saya mendorong HMI cabang Bima hari ini untuk membangun konsep modernisasi organisasi berbasis IT sehingga tema yang di angkat pada Kegiatan LK II ini selaras dengan kondisi saat ini," harap Natsir. (GA. 003*)
×
Berita Terbaru Update