Header Ads

Sepanjang Tahun 2019, Sekda Akui tingkat Kedisiplinan ASN Kota Bima Menurun

Drs. H. Mukhtar Landa, MH

Kota Bima, Garda Asakota.-

Berdasarkan hasil Sidak (Inspeksi Mendadak) yang rutin dilakukan oleh Sekda Kota Bima sepanjang tahun ini sebagai tolak ukur melihat tingkat kedisiplinan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di ruang lingkup Pemerintah Kota Bima, Sekda menilai bahwa tingkat Kedisiplinan ASN Kota Bima menurun sepanjang tahun 2019 ini.

Bahkan diakuinya banyak ditemukan ASN yang tidak mengikuti apel pagi dan tak jarang yang pulang lebih awal. "Merosotnya tingkat Disiplin ASN ini setelah kami melakukan Inspeksi Mendadak ke Dinas, Kecamatan hingga Kelurahan beberapa kali selama tahun 2019. Angkanya sangat menurun, jumlahnya lebih dari ratusan ASN yang kedapatan tidak disiplin," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (19/12).

Menurutnya, indisipliner yang dilakukan ASN tersebut antara lain dari yang tidak mengikuti apel pagi dan pulang, terlambat masuk jam kantor, bolos hingga tidak masuk kantor. Tindakan yang dilakukan ASN itu, diakuinya juga tanpa keterangan dan alasan yang jelas. "Rata-rata tidak ada keterangan atau alasan yang jelas para ASN dalam meninggallkan kantor, ataupun terlambat dan tidak mengikuti apel," sebutnya.

Sebagai bahan evaluasi, Sekda mengaku langsung memerintahkan pimpinan OPD masing-masing untuk mencatat semua ASN yang tidak disiplin tersebut, agar diberikan pembinaan dan teguran berdasarkan tingkat kesalahan yang dilakukan. "Kita akan berikan sanksi, berupa pemotongan TKD, hal ini diharapkan bisa memberikan efek jera agar mereka kembali meningkatkan disiplin," katanya.

Untuk meningkatkan kedisiplinan ASN tahun 2020 mendatang, Ia Sekda menegaskan bahwa pihaknya akan tetap melakukan Sidak beberapa kali dalam sebulan. "Selain dalam rangka memberikan pembinaan, Sidak yang dilakukan juga untuk mengevaluasi kinerja ASN. In Syaa Allah tahun 2020 nantinya Sidak akan terus kita tingkatkan," tandasnya. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.