Header Ads

Nyatakan KLB, Tim Rabies Kabupaten Bima Bergerak Cepat Berantas Anjing Gila

Tim Rabies Kabupaten Bima.
Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Merespon pemberitaan media massa terkait dengan munculnya kembali kasus korban gigitan Anjing Gila di Kecamatan Bolo dan Wawo Kabupaten Bima yang dikhawatirkan terjangkiti rabies, maka Pemerintah Kabupaten Bima langsung bergerak cepat menurunkan Tim ke lapangan.

Di hari pertama tim turun di Kecamatan Bolo, Tim Penanggulangan penyakit Anjing Gila (rabies) Kabupaten Bima, melakukan sosialisasi dan penyuluhan di Aula Puskesmas Bolo, dimana hadir sebagai peserta yakni Kepala UPT Peternakan Bolo beserta staf, Kepala Desa se-Kecamatan Bolo beserta staf, Babinsa dan Babinkamtibmas se-Kecamatan Bolo, serta seluruh unsur Muspika.

Kemudian tampil sebagai pemateri Asisten II Setda Bima, Ir. H. Nurdin, Dinas Kesehatan, H Rifaid, S.Sos, Kabag Kesra, Drs. H. Zainuddin, MM, Kepala Puskesmas Bolo dan Kepala UPT Peternakan Bolo. Lewat forum penyuluhan itu, juga dibentuk Tim Pembasmi Rabies tingkat Kecamatan Bolo yang langsung dipimpin oleh Asisten II.

Salah seorang anggota Tim Kabupaten, Drs. H. Zainuddin, MM, melalui Kabag Humas Setda Bima, M Chandra Kusuma, Ap, menjelaskan bahwa tim yang dibentuk dibagi dua, ada yang meninjau ke Kecamatan Wawo dan juga ada yang ke Kecamatan Bolo.

Selain melakukan penyuluhan, kata dia, tim juga melakukan vaksin di Desa Nggembe terhadap satu ekor anjing. Sementara, tim Kabupaten didampingi Tim Kecamatan Wawo melakukan vaksin di Desa Maria dan Desa Pesa terhadap anjing yang terduga mengidap wabah rabies.  "Kegiatan selanjutnya akan ditindak lanjuti oleh tim Kecamatan yang telah di SK-kan oleh Camat,’’ ujar Kabag Humas, Rabu (4/12).

Diharapkan, semua pihak harus peduli terhadap wabah penyakit Anjing Gila ini, karena sudah menyebar  ke seluruh wilayah Kabupaten Bima. "In Syaa Allah hari Sabtu Minggu ini, tim Kecamatan langsung  bekerja meneruskan yang telah dilakukan oleh tim Kabupaten.  Diantaranya mereka akan melakukan penyuluhan dan vaksin," paparnya.

Sementara, Asisten II Setda Bima, Ir H. Nurdin mengharapkan unsur Muspika bisa turun langsung ke tengah masyarakat untuk mendampingi tim Kecamatan yang akan segera melaksanakan tugas sosialisasi dan vaksin. ‘’Kita sudah kategori KLB untuk wabah rabies. Komitmen Pemkab Bima Tahun 2021, wabah Rabies ini sudah hilang,’’ tegasnya. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.