Header Ads

DLH Berjibaku dengan Tumpukan Sampah di Pasar Amahami, Alwi Sentil Kinerja Kepala Pasar


Kota Bima, Garda Asakota.-

Tumpukan sampah yang menyebar di berbagai area Pasar Amahami menyebabkan lingkungan pasar semrawut, bau dan kotor. Kondisi ini membuat Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) harus berjibaku untuk mengatasinya karena area itu merupakan titik sentral aktivitas masyarakat sehari-hari.

"Timbunan sampah di Pasar Amahami membeludak mencapai enam dumptruck sampah dalam beberapa hari saja. Sampah-sampah itu kita angkut, kemudian langsung dibawa ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) Sampah Kota Bima," ungkap Kepala DLH Kota Bima, Drs. H. Alwi Yasin, M. Si, kepada wartawan Rabu (4/12).

Seharusnya, kata dia, UPT Pasar Amahami bertanggung jawab terkait persoalan sampah di kawasan itu karena kewenangannya ada pada mereka. Bayangkan saja, sebutnya, beberapa hari lalu sampai tengah malam kami berjibaku dengan urusan sampah Amahami, sampai-sampai mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah sembarang di Amahami.

"Ajakan itu bahkan saya secara langsung saya sampaikan pada Kepala Pasar Amahami agar mewanti-wanti para pedagang. Kenapa tidak dipelototi orang-orang yang membuang sampah ini," katanya.

Mantan Kadis Dikbud ini kembali menegaskan bahwa tatakelola sampah Pasar Amahami menjadi urusannya UPT bukan pihaknya. Tugas pihaknya, hanya bersifat menanggulangi persoalan yang muncul saja, karena secara kewenangan dinas tak punya.

"Kami membantu mereka supaya tidak terpuruk, itu saja karena tatakelola sampah itu ada di Kepala pasar. UPT Pasar Amahami harus berbenah paling tidak kepala pasar harus lebih tanggap jangan hanya duduk diam, harus malu dong sebenarnya jadi pejabat di situ," sentilnya.

Tetapi tentu saja apa yang dilakukan pihaknya sekarang tidak akan mampu menyelesaikan persoalan sampah, tanpa adanya kerjasama dan keterlibatan semua unsur yang ada terutama kesadaran semua pihak. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.