Header Ads

Baznas Kobi Salurkan Zakat Konsumtif ke 100 Warga Lansia dan Fakir Miskin di Rontu

Perwakilan Baznas Kota Bima, Rangga Iskandar Z, S. Pdi, M.Pd., saat menyerahkan santunan pada warga Rontu, Sabtu (28/12).

Kota Bima, Garda Asakota.-

Sekitar 100 orang warga lanjut usia dan fakir miskin Kelurahan Rontu Kecamatan Raba Kota Bima menerima zakat konsumtif dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bima, Sabtu pagi (28/12) di aula kantor Kelurahan setempat.

Atas sentuhan ini, Lurah Rontu, Ikhwan, SE, menyampaikan apresiasi kepada pihak Baznas yang telah meluangkan waktu dan menyempatkan diri serta menyalurkan sebagian dana Zakat untuk warganya di Kelurahan Rontu. "Alhamdulillah pagi ini ada sekitar 100 orang penerima manfaat dari bantuan Baznas," ungkapnya.


Kata Ikhwan, bahwa apa yang dilakukan oleh Baznas hari ini merupakan hasil daripada setoran zakat warga masyarakat Kota Bima di berbagai masjid dan mushola yang ada termasuk pungutan zakat di kelurahan Rontu. "Sekarang zakat-zakat itu, kembali kepada kita sebagai masyarakat. Bahkan nominal yang diterima jauh empat kali lebih besar," ungkapnha.

Karena itu dirinya berharap agar warga masyarakat Kota Bima khususnya warga Kelurahan Rontu agar selalu menyetorkan zakatnya ke masjid, mushola ataupun melalui Badan Amil yang telah di tentukan oleh Pemerintah.

Sementara itu perwakilan Baznas Kota Bima, Rangga Iskandar Z, S. Pdi, M.Pd., pada kesempatan itu menyampaikan permintaan maaf Ketua Baznas Kota Bima karena tak bisa hadir dalam kegiatan ini.

Kehadiran pihaknya tentu dalam rangka kegiatan pemberian hak masyarakat yang dititipkan lewat Baznas. "Karena itu kami Baznas sangat berharap adanya kepercayaan warga masyarakat Kota Bima kepada Baznas untuk mengelola dana Zakat karena dana tersebut tentu saja akan tetap kembali kepada masyarakat," ucapnya.

Ia membenarkan bahwa apa yang disampaikan oleh Lurah Rontu bahwa setoran zakat atau shadaqah lainnya kepada Baznas akan kembali pada warga masyarakat itu sendiri. Tentu dalam penyaluran kembali dana zakat ini, kata dia, ada rumusnya yang menjadi dasar perhitungan.

Kedepan Baznas Kota Bima mengharapkan agar mulai sekarang warga mempercayai Baznas sebagai pengelola zakat di Kota Bima karena selain pemberian hak seperti ini Baznas juga memiliki banyak program lainnya yang semuanya berorientasi untuk meringankan beban masyarakat utamanya yang berhak.

"Kami tidak bisa membayangkan jika warga kelurahan Rontu ini semuanya menyetorkan zakatnya kepada UPZ yang telah dibentuk dan di tetapkan oleh pemerintah," pungkasnya. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.