Header Ads

Tim Komisi Akreditasi FKTP Kemenkes RI Survey Akreditasi Upt Puskesmas Jatibaru


Kota Bima, Garda Asakota.-

Tim Komisi Akreditasi FKTP Kementrian Kesehatan RI melakukan Survey Akreditasi Upt Puskesmas Jatibaru Kecamatan Asakota Kota Bima. Adapun Tim Surveyor yang hadir di Kota Bima yakni Dr. Bondan Agus Suryanto, SE, MA, Sp.DLK, AAK., Dr Priyono, MPH dan Dr. Susung Fahyudin, M.Kes,.

"Akreditasi PKM Jatibaru dimulai hari Rabu tanggal 30 sampai dengan hari ini 2 November 2019 dan akan dilanjutkan dengan Akreditasi Laboratorium Kesehatan Daerah tanggal 6 sampai dengan 8 November 2019," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima Drs. H. Azhari, M.Si, kepada wartawan, Sabtu (2/11).

Tim Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI, saat diterima Wakil Walikota Bima, Feri Sofiyan, SH, sebelum melakukan survey lapangan UPT PKM Jatibaru. (foto, Humaspro Kobi)

 

Penilaian IPAL


Diakuinya, bahwa tahun ini adalah tahun Akreditasi dimana pada tahun ini berjalan 5 kali Akreditasi yakni Akreditasi RS Kota Bima Tipe D level Dasar 2 bintang, akreditasi PKM Mpunda dengan hasil level utama, akreditasi PKM Kumbe yang baru dinilai 16 persen pada Tanggal 19 Oktober 2019.


"Semoga sisanya mendapatkan Akreditasi Penuh, dan doa kami pegawai PKM Jatibaru ini mengikuti jejak pertama mendapatkan Level Utama," tegas Kadis Kesehatan didampingi Kepala Upt PKM Jatibaru, Wahyuddin, S.Kep, M.PH.

Dijelaskannya pula, bahwa dukungan Pemerintah Kota Bima sangat luar biasa dengan konsistensi pimpinan daerah menganggarkan di tahun 2019 sebanyak 11,6 persen. Dan nantinya pada tahun 2020 akan meningkat dengan mendapatkan 13,8 persen.

Pada APBD-Perubahan  ini dinas Kesehatan mendapatkan 5 Ambulance dan dengan ambulance ini nantinya ada satu program inovasi populer yang  sangat luar biasa direncanakan yakni Sehari Bersama Dokter di Kota Bima.

"Dalam APBD-Perubahan ini Dikes juga diberikan mesin Antrian dan Mesin Zero Complaint. Dan kami juga di berikan Perawatan di berbagai Pustu, Polindes, Poskesdes", jelas Kadis Kesehatan.

Pantauan langsung wartawan, selama di lapangan Tim Surveyor memotret dan melihat secara langsug peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien yang dilaksanakan oleh Upt Puskesmas Jatibaru melalui Penanggung jawab Admen, Penanggung jawab Upaya Kesehatan Masyarakat (baik Esensial  maupun Pengembangan), serta Upaya Kesehatan Perorangan

Kepada wartawan, Kepala Upt PKM Jatibaru, Wahyuddin, S.Kep, M.PH, juga mengakui bahwa selama berada di lapangan Tim melakukan penilaian terhadap aspek pelayanan kesehatan di Puskesmas Jatibaru dalam upaya peningkatan mutu layanan dan keselamatan pasien, serta koordinasi saling menguatkan lintas sektor. "Semua aspek dinilai dalam satu kesatuan untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan kepada masyarakat," pungkasnya. (GA. 212*)


Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.