Header Ads

Sejumlah Bangunan di Kawasan Taman Panda Diduga Sengaja Dibakar


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Kebakaran Uma Lengge yang terjadi di Kawasan Taman Panda Kabupaten Bima pada sekitar pukul 1.30 wita, Sabtu (2/11) hampir  menghanguskan beberapa bangunan lainnya yang berada di sekitarnya.

Kebakaran tersebut diketahui oleh Kepala Desa (Kades) Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima, M. Said, setelah  mendapatkan laporan dari dua orang warganya. "Bahwa kebakaran di Taman Panda tersebut terjadi sekitar pukul 01.30 wita, Sabtu dini hari," ungkap Kepala Desa Panda kepada Garda Asakota Sabtu siang.

Pada saat kejadian dirinya mengaku sedang berada di rumah. Tiba-tiba datang dua warga yang melaporkan kejadian tersebut, menyebutkan bahwa bangunan Uma Lengge yang ada di Taman Panda mengalami kebakaran. "Sayapun langsung merespon cepat menuju ke tempat lokasi dan berusaha untuk melakukan pemadaman kebakaran bersama warga lainnya," katanya.

Awalnya pihaknya mengaku kesulitan untuk memadamkan api, mengingat titik kebakaran bukan hanya di Uma Lengge saja, akan tetapi ada di beberapa bangunan tower yang sedang dikerjakan dan 1 unit tutupan tangki water Bank, juga terbakar.


"Tapi Alhamdulillah berkat respon cepat kami dengan peralatan yang seadanya, salah satu Uma Lengge di ujung barat yang terkena kebakaran tersebut bisa cepat kami tangani sehingga kebakarannyapun tidak terlalu membias kemana-mana, karena jarak antara bangunan satu dengan yang lainnya cukup jauh, sehingga membuat api sulit untuk melalap bangunan yang ada di sebelahnya," bebernya.

Menurutnya bahwa terjadinya kebakaran tersebut diduga atas perbuatan seseorang yang tidak bertanggungjawab. Salah satu indikasinya, kata dia, di lokasi ditemukan ada ceceran bahan bakar minyak yang diketahui adalah solar, yang diduga digunakan oleh seseorang untuk membakar beberapa bangunan yang ada di Taman Panda.

"Selain itu juga pada saat kami sampai di lokasi keadaan listrik pun dalam keadaan mati. Sehingga memperkuat dugaan kami bahwa kebakaran tersebut sengaja di lakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab," duganya.

Tentu saja selaku kepala desa ia benar-benar sangat menyayangkan tindakan seseorang yang diduga sengaja membakar beberapa bangunan yang ada di Taman Panda tersebut. Meski demikian, atas insiden kebakaran tersebut sekarang ini sudah ditangani oleh pihak Kepolisian Resorts Bima. "Sebab kuat dugaan bahwa kebakaran tersebut sengaja di lakukan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab," tegasnya.

Pantauan wartawan di TKP siang tadi, selain warga masyarakat terlihat pula beberapa pejabat Dinas Perkim Kabupaten Bima yang meninjau lokasi seperti Kadis Perkim, Taufik, ST, MT, dan bahkan Sekda Drs. HM. Taufik HAK.

Kepala Bidang Pertamanan Dinas Perkim, Khairurrahman, ST, M.AP., mengaku pihaknya mendapat informasi kebakaran dari penjaga Taman Panda sekitar pukul 09.00 Wita Sabtu pagi melalui telepon.

"Makanya saya langsung datang untuk memastikan kebenarannya," ujar Khairun kepada wartawan.

Khairurrahman, ST, M.AP.

Setelah dipastikan di lokasi, rupanya apa yang dikabarkan oleh penjaga Taman Panda tersebut benar adanya, 1 unit Uma lengge yang berada di ujung Barat Taman Panda mengalami kebakaran. "Tapi untungnya semalam cepat ditangani oleh warga masyarakat yang melihatnya, sehingga tidak menimbulkan kebakaran yang meluas," katanya.

Atas kejadian tersebut pihaknya sangat menyayangkan, apalagi pembangunan Taman Panda yang sudah susah payah di bangun oleh pemerintah daerah dengan anggaran milyaran tersebut.

Kehadiran Taman Panda diakuinya selama ini telah mampu mengangkat sumber penghasilan sebagian besar warga Panda mulai dari parkir, lesehan ikan bakar, lesehan kopi yang artinya menggangu atau merusak Taman Panda sama halnya mengganggu sumber kehidupan mereka.

"Makanya, tadi juga sekitar jam 10 pagi pak Sekda ke lokasi. Banyak hal diinstruksi kepada Kadis Perkim terkait pembenahan dan tindak lanjut dari kerusakan ini," pungkasnya singkat. (GA. Yan*)


2 komentar:

  1. De manusia au ma dantau iti tuta ndede..
    Wa,ur ka gaga ra kantika wea rasa ra dana na nguoa wali ku rawi ti ma kaiha ra kambuja..😡😡😡😡

    BalasHapus
  2. Watiwara rau ma ca'u eda dana ro rasa ma gaga !!!

    BalasHapus

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.