Header Ads

Prakarsai Gelar Seminar Lingkungan, Kadis DLH Apresiasi Karang Taruna Desa Rada


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Pelaksanaan seminar kemanusiaan yang dihelat oleh Karang Taruna (KT) Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima dengan tema "menumbuhkan kreativitas generasi muda dalam membangun tata kelola lingkungan hidup", Kamis 21 November 2019 di Desa Rada, berjalan lancar dan tertib.

Dari pantauan langsung media Garda Asakota, acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), M. Safi'i, ST, Kades Rada, Supratman, S.Sos, unsur BPD, sejumlah tokoh masyarkat dan juga elemen pelajar setempat. 

Selaku Pemateri M. Safi'i, menyinggung mengenai permasalahan sampah yang praktis dan aktual, mulai dari pengumpulan sampah hingga pemilahan jenis sampah. Ia juga menyampaikan bagaimana cara untuk menghindari tumpukan sampah seperti pembuatan bak sampah.

"Pembuatan bak sampah harus sesuai dengan jenis sampah organik maupun anorganik. Jika ada yang mempunyai kreativitas, anda bisa saja mengelola atau mendaur ulang sampah yang berbahan plastik atau kaleng menjadi barang yang lebih berguna," ujarnya.

Diapun menggugah peserta seminar akan pentingnya kesadaran mengenai dampak persampahan, apalagi di Indonesia diakuinya merupakan penyumbang sampah kedua setelah Cina.

"Pada saat ini sampah merupakan problema yang sangat sering didengar. Banyak kejadian yang sebabkan oleh sampah, salah satunya adalah banjir. Sampah dapat membuat lingkungan kita terasa lebih kumuh dikarnakan tumpukan sampah membuat lingkungan terkesan tidak sehat, serta polusi udara yang disebabkan sampah itu sendiri," paparnya.   

Di akhir penyampaiannya, Kadis DLH mengapreasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Karang Taruna Desa Rada  yang telah mengadakan kegiatan seminar, karena ini merupakan hal yang patut dicontoh oleh karang taruna desa yang lainnya.

Kades Rada menyatakan komitmen pihaknya dalam menciptakan lingkungan desa yang bersih dan bebas sampah. Menurutnya, setiap dua kali seminggu truk sampah dari Dinas Kebersihan beserta petugasnya rutin menjemput dan membawa sampah dari perumahan menuju di pembuangan akhir sampah.

Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh warga masyarakatnya agar membuang sampah di tempatnya. "Karena akan ada petugas yang akan membawa dan membuang sampah ke pembuangan akhir sampah," ajak Kepala Desa Rada.

Sementara itu, pihak panitia penyelenggara juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat dan pelajar yang telah hadir mengikuti acara seminar.

"Semoga dengan adanya seminar seperti ini kita akan menyadari betapa pentingnya hidup bersih dan bahayanya sampah," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan, M. Amirullah. (GA. 212*)



 

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.