Header Ads

Dinsos Kota Bima Gelar Sosialisasi Pendampingan PKH


Kota Bima, Garda Asakota.-

Pelaksanaan kegiatan sosialisasi pendampingan Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Bima tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima, Senin pagi (18/11) di aula pemkot Bima secara resmi dibuka oleh Sekertaris Daerah, Drs. H. Mukhtar Landa, MH.

Dalam laporannya Kadinsos Kota Bima, Drs.H. Muhiddin AS Dahlan, MM, enyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi pendampingan PKH ini diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari unsur Kesehatan, Pendidikan, Camat, Lurah, juga SDM PKH Kota bima mulai dari Korkot PKH, Operator PKH dan Anggota SDM PKH.

Kegiatan ini, kata dia, merupakan implementasi dari UU No. 13 Tahun 2011 tentang penanganan fakir miskin yang ditindak lanjuti dengan peraturan Menteri Sosial No.13 tahun 2012 tentang Forum Tanggungjawab Dunia Usaha dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

"Karena itulah sehingga wajib kita pada hari ini melaksanakan kegiatan sosialisasi pendampingan keluarga harapan untuk Kota Bima," ungkapnya di acara sosialisasi yang juga turut unsur Bappeda Litbang, Korwil PKH, dan Perwakilan BRI Cabang Bima.

Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat melalui stakeholder yang ada baik melalui  unsur kesehatan, pendidikan dan Camat atau Lurah serta SDM PKH agar masyarakat lebih memahami kemana arah dan tujuan dari program keluarga harapan ini.

Diakuinya, sampai hari ini masih ada persoalan persoalan yang terjadi di tengah masyarakat, ketika SDM PKH melaksanakan eksekusi di lapangan tentang tidak terpenuhinya beberapa unsur dalam rumah tangga yaitu Ibu hamil, ibu nifas, ibu melahirkan dan anak usia sekolah mulai PAUD, TK, SMP, SMA dan apabila anak telah menyelesaikan pendidikannya tentu saja akan di kurangi nominal dana yang di terima oleh KMP PKH. "Hal-hal semacam inilah yang sering di hadapi oleh Pendampinh PKH di lapangan," katanya.

Sementara itu mewakili Walikota Bima, Sekda, Drs. H. Mukhtar Landa, MH, mengapresiasi kegitan Dinsos. Ia menegaskan bahwa semua pihak sudah memaklumi bahwa tujuan dari adanya program PKH ini adalah untuk mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin.

Oleh karena itu, kepada pihak pihak yang berkaitan dengan program ini Sekda sangat berharap agar betul-betul melaksanakan tugasnya sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.