Header Ads

Dinas Pertanian Kobi Programkan Penanaman Bibit Tanaman Hortikultura


Contoh bibit pengadaan hortikultura Dinas Pertanian Kota Bima di Kebun Pengadaan Bibit Kelurahan Sadia.
Kota Bima, Garda Asakota. - 

Dinas Pertanian Kota Bima tahun 2019 ini memprogramkan pengadaan sekaligus penanaman bibit Tanaman Hortikultura yang akan dipusatkan Kelurahan Jatibaru Kecamatan Asakota Kota Bima. Pengadaan bibit tanaman ini berupa bibit Sawo, Mangga, Garoso, Pepaya dan Pisang dianggarkan dengan pagu dana sebesar Rp143. 500 juta.

Abdul Najir, S.Pt

"Kita rencanakan jenis bibit hortikultura ini nantinya akan ditanam di satu lokasi saja yakni di Kelurahan Jatibaru," ujar Kepala Dinas Pertanian Kota Bima melalui Kabid Tanaman Pangan Pertanian, Abdul Najir, S.Pt, kepada Garda Asakota, Senin (04/11).

Najir menjelaskan bahwa meski program pengadaannya dilakukan tahun ini, namun untuk eksen tanamnya akan dilaksanakan di Januari tahun 2020 mendatang, bersamaan dengan datangnya musim hujan. Sebab jika ditanam saat sekarang, kata dia, maka dapat dipastikan akan sedikit kesulitan dengan masa pertumbuhannya. "Untuk itu, pastinya Januari 2020 kita langsung eksen penanaman," sebutnya.

Diakuinya bahwa pengadaan bibit hortikultura telah disepakati bersama dengan tujuh kelompok tani di Jatibaru. Khusus lokasi penanaman, sengaja tidak disebarkan seperti tahun sebelumnya.

"Sekarang hanya disentralkan satu titik saja sekaligus lokasi tersebut dipilih sebagai lahan percontohan saja. Jika hasil tanam tersebut terlihat aman dan mengalami hasil yang baik, maka kedepannya akan terus dilakukan penanaman selanjutnya di lokasi lain seperti di Jatiwangi," jelas Abdul Najir. (GA. 355*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.