Header Ads

Bagian Kesra Fasilitasi Kegiatan Operasi Katarak Gratis yang Akan Dipusatkan di RSUD Kobi

Kabag Kesra bersama Tim Tekhnis dari RSUD Kota Bima.

Kota Bima, Gard Asakota.-

Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Bima memfasilitasi kegiatan Operasi Katarak Gratis yang dijadwalkan pelaksanaannya akan dihelat besok, Rabu (27/11) di RSUD Kota Bima. "In Syaa Allah kegiatan bersama jajaran Dikes, Kesra, dan BNNK Bima ini akan dihelat Rabu besok di RSUD Kota Bima," ungkap Kabag Kesra Setda Kota Bima, H. Ahmad, S.Ag, kepada sejumlah wartawan, Selasa (26/11).

Menurutnya, keterlibatan pihaknya dalam kegiatan tersebut sebatas memfasilitasi saja mulai dari urusan kesiapan tempat pelaksanaan dan kesiapan lainnya untuk kelabcaran kegiatan pembukaan Operasi Katarak besok  di RSUD Kota Bima. "Sementara untuk pembukaannya sendiri In Syaa Allah pak Walikota akan membukanya secara resmi," katanya.

Di lokasi kegiatan nantinya, kata dia, peserta operasi akan di tempatkan di gerbang bagian Selatan RSUD Kota Bima dengan kapasitas tempat duduk yang akan disediakan sebanyak 300 orang. "Alhamdulillah sejauh ini mengenai tempat pelaksanaan tidak ada masalah, ketersediaan kursi, terop dan sound System sudah sangat siap," terang Kabag Kesra.

Mengenai tahapan penanganan pesertanya sendiri dalam kegiatan Operasi Katarak itu, H. Ahmad menjelaskan bahwa hal itu sudah menjadi kewenangan Tim Tekhnisnya yaitu Dinas Kesehatan, RSUD dan Puskesmas se-Kota Bima, karena berdasarkan kesepakatan bahwa dalam hal rekrutmen calon peserta Operasi Katarak adalah Tim Tekhnis tersebut.

"Dan berdasarkan info yang kami dapatkan dari Dikes sendiri, bahwa berdasarkan data dari masing-masing Puskesmas hingga hari ini pasien Katarak yang telah mendaftar sejumlah 170 orang," ungkapnya seraya menyebutkan bahwa dalam pelaksanaanya nanti akan langsung di tangani ole Tenaga Ahli Mata dari Mataram.

"Ahli mata sengaja didatangkan langsung dari Mataram dan kepada pasien nantinya harus melewati dua kali tahapan screening mulai dari  awal pemeriksaan dan akhir pemeriksaan mulai pra operasi, pada saat operasi dan pasca operasi," katanya.

Apa yang diakukan pihaknya hari ini mungkin bisa di katakan sebagai salah satu wujud dari tugas dan fungsi kami sebagai salah satu alat pemerintah dalam mengakomodir masalah kesejahteraan rakyat. "Semoga apa yang kami lakukan ini manfaatnya dapat di rasakan langsung oleh masyarakat terutama sekali masyarakat yang tidak mampu," harapnya.

Sementara itu Dinas Kesehatan Kota Bima melalui Sekdis, Ahmad, S. Sos. menyampaikan bahwa sesuai dengan rencana awal dalam memeriahkan HKN ke 55 tahun 2019 akan di lakukan berbagai kegiatan, dimana salah satunya adalah kegiatan Operasi Katarak untuk 200 orang pasien.

Diakuinya, dalam penyelenggaraan kegiatan ini pihak Dikes bekerjasama dengan Bagian Kesra Setda Kota Bima dan BNNK. Mengenai jumlah pesertanya sendiri, diakuinya hal itu berdasarkan jumlah penderita yang di usulkan oleh tiap Puskesmas yang ada. (GA. 003*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.