Header Ads

Respon Keluhan Warga Jatibaru Barat, Dikes Kobi Langsung Turun Lapangan


Kota Bima, Garda Asakota.-

Menindaklanjuti laporan masyarakat Kelurahan Jatibaru Barat Kecamatan Asakota tentang banyaknya nyamuk dan lalat yang menggangu masyarakat, Dinas Kesehatan Dikes Kota Bima melalui Bidang P3PL langsung nenindak lanjutinya dengan pemantauan lapangan, bertemu Lurah dan tokoh masyarakat.


Dari hasil pemantauan itu, kata Kadikes Kota Bima, Drs. H. Azhari, M.AP,  ditemukan tempat perindukan nyamuk yang bersumber dari SPAL/got yang mampet di wilayah RT 1 dan 2 lingkungan Lela. "SPAL/got tidak bisa mengalir di sebabkan sampah dan saluran keluar lebih tinggi," ungkapnya kepada wartawan, Jumat (18/10).

Menurutnya, perilaku buang sampah sembarang dan menjadi kan sepanjang sungai menjadi TPA terutama sampah plastik dan sampah lainnya. Perilaku buang sampah masyarakat di sungai belakang sekolah SMP 11, kata dia, menyebabkan banyak lalat masuk dalam ruangan kelas sehingga mengganggu siswa saat belajar. "Selain itu, banyak kandang peternak ayam potong yang dekat dengan pemukiman warga," paparnya.

Mengantisipasi timbulnya penyakit, pihaknya telah membagi bubuk Abate untuk ditaburkan di got guna membunuh jentik nyamuk, emberikan edukasi untuk melakukan PSN yang lain, mendorong gotong royong untuk membuka penutup got dan membersihkan saluran, mendorong koordinasi dengan dinas terkait dengan masalah sampah dan menangani masalah kebersihan kandang dan peternakan warga, dan memberikan edukasi untuk menutup makanan,  selalu cuci tangan pada anak sekolah dan menjaga personal higiene. (GA. 212*)

Tidak ada komentar

elshandy creative. Diberdayakan oleh Blogger.