Header Ads

Program SPAM Senilai Rp350 juta di Kelurahan Jatiwangi Mulai Direalisasikan


Kota Bima, Garda Asakota.-

Program (Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Pedesaan Padat Karya, Kementerian PUPR Dirjen Cipta Karya, yang berlokasi di Kelurahan Jatiwangi Kecamatan Asakota Kota Bima mulai dilaksanakan. Pekerjaan yang mengawali kegiatan program tersebut telah dilalui bebebrapa bulan lalu, dengan digelarnya pemilihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang diketuai oleh Suharno H Anwar, Sekretaris Amuluk dan Bendahara, Agamawan, SE.


Selain pembetukan dan pemilihan pengurus KSM, juga dilakukan perencanaan survey lapangan dan penyempurnaan administrasi seperti pembuatan hibah lahan bagi masyarakat yang memiliki lahan yang dipergunakan untuk lahan tersebut.

“Kami sudah melalui berbagai tahapan dan proses untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan oleh program SPAM ini termasuk kegiatan pelatihan bagi anggota KSM dan tukang” ujar Ketua KSM OI Sombo Kelurahan Jatiwangi Suharno Anwar, di lokasi pengeboran Sabtu pagi (12/10).

Lebih jauh dijelaskannya bahwa untuk tahap awal  sedang melaksanakan pekerjaan pengeboran air dan dilanjutkan dengan pekerjaan pembangunan reservoil dan dilanjutkan dengan pekerjaan lainnya termasuk jenis pekerjaan perpipaan yang akan disalurkan ke masing-masing rumah, sehingga nantinya masyarakat bisa menikmati air, “Selama ini masyarakat merasa kesulitan masalah air, tapi dengan adanya program SPAM ini masyarakat diharpakan akan merasa terbantu”, ujarnya.

Disamping itu juga pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat terutama bagi masyarakat penerima manfaat untuk dapat ikut bagian dalam menjaga dan merawat fasilitas yang akan terbangun ini demi untuk kepentingan bersama, “Ini untuk kepentingan bersama bukan kepentingan individu, marilah kita jaga bersama demi untuk kita semua”, harapnya.

Sementara anggaran untuk pekerjaan Program SPAM tersebut bersumber dari APBN melalui kementerian PUPR dengan alokasi sebesar Rp350 juta yang terdiri dari 60 porsen, peralatam dan material, 30 porsen untuk upah lerja dan 10 porsen untuk biaya operasional.

Sebelum pekerjaan ini dimulai, seluruh KSM yang teridiri dari 10 kelurahan telah melaksanakan pelatihan selama tiga hari. Dan juga melibatkan tukang baik tukang batu maupun tukang pipanya, di hotel Lila Graha.

Untuk kegiatan pengeboran tersebut,selain disaksikan oleh Ketua KSM juga disaksikan oleh salah seorang anggota DPRD Kota Bima Fraksi PAN Dapil Asakota, Syamsuddin, yang langsung turun di lokasibbersama puluhan warga sekitar. “Alhamdulillah pengeboran juga disaksikan langsung oleh salah seorang anggota DPRD,” aku Sekretaris KSM, Amuluk. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.