Header Ads

Usung Tema Maja Labo Dahu, Walikota Buka Kegiatan MTQ ke-XIV tingkat Kota Bima


Kota Bima, Garda Asakota.-

Kegiatan Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XIV tingkat Kota Bima yang digelar di Pelataran Masjid Agung Al-Muwahidin Kota Bima, Sabtu (07/09) resmi dibuka oleh Walikota Bima, H Muhammad Lutfi SE. Acara yang dimulai ba’da sholat isya ini diawali dengan Pengukuhan Pengurus Masjid Agung Al-Muwahidin Kota Bima Periode 2019-2021 dengan jumlah yang dikukuhkan yaitu sebanyak 28 (dua puluh delapan) orang. Sedangkan, Zainudin H Abubakar SH dipercaya sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus Masjid.

Suasana pembukaan MTQ, berlangsung khikmat dan semarak. Selain dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat ini juga turut dihadiri oleh Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Bima, Ketua TP PKK Kota Bima Hj. Ellya H M Lutfi SE, Ketua Iswara Kota Bima Yuliana Syamsurih, Kepala Kantor Kementerian Agama Bima, Asisten, Staf Ahli Walikota, Pimpinan Perangkat Daerah, Ketua MUI, FKUB, LPTQ, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan hingga Aparatur Sipil Negara lingkup pemerintah Kota Bima.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ Ke XIV tingkat Kota Bima Drs. H. Mukhtar, MH, menjelaskan terkait dasar-dasar pelaksanaan kegiatan MTQ. Adapun cabang-cabang yang dilombakan yakni Tilawah, Tahfidz, Fahmil, Syarhil dan Thot Qur’an. Sedangkan untuk jumlah peserta yang mengikuti lomba sebanyak 200 (dua ratus) peserta yang merupakan utusan 5 (lima) kecamatan masing-masing sebanyak 40 (empat puluh) peserta. Kegiatan MTQ akan berlangsung selama 5 (lima) hari yaitu 07-11 September 2019.

Ketua panitia menyebutkan bahwa kegiatan MTQ bertujuan sebagai pendorong masyarakat mempelajari, menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari dan juga sebagai momentum untuk memilih peserta terbaik yang akan mewakili Kota Bima dalam ajang MTQ tingkat Provinsi NTB di Lombok Barat. MTQ tahun ini mengusung tema melalui MTQ ke XIV tingkat Kota Bima tahun 2019 kita dukung Kota Bima sebagai Kota Maja Labo Dahu”.

Pembukaan MTQ juga diisi dengan Pelantikan/Pengukuhan Sebanyak 30 orang anggota dewan hakim dan 4 panitera yang diketuai H M Adnin H AR SQ MPd. Pengukuhan dilakukan oleh Walikota Bima yang diawali dengan pembacaan surat keputusan Walikota Bima tentang Penunjukan dan Pengangkatan Dewan Hakim MTQ tingkat Kota Bima tahun 2019 oleh Sekretaris Umum LPTQ.

Melalui sambutannya Walikota Bima menjelaskan terkait pemberian hadiah berupa Umroh Gratis pada MTQ tingkat Kota Bima kali ini. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap Qori dan Qoriah terbaik yang ada di Kota Bima agar mampu mengembangkan ilmunya dan dapat bersaing diajang Nasional bahkan Internasional dengan mengharumkan nama daerah.

Walikota mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Bima agar hidup berlandaskan aqidah, sehingga melalui aqidah yang baik akan terwujud keseimbangan, kesejahteraan dan keamanan dalam kehidupan bermasyarakat.

Melalui kesempatan ini pula, Walikota menjelaskan secara terbuka tentang kebijakan penggunaan anggaran daerah yaitu 40 porsen untuk kepentingan masyarakat. Walikota berkomitmen untuk  selalu memperhatikan pembangunan rumah-rumah ibadah. Walikota juga menegaskan bahwa budaya KKN akan diperangi didalam tubuh pemerintahannya bersama Wakil Walikota.

“Hidup hanya sekali, nama tidak bisa dibeli dan tidak bisa dijual. Orang akan dikenang dikemudian hari kalau perbuatan amaliahnya betul-betul nyata," ungkap Walikota. Penekanan tombol Sirine oleh Walikota Bima dan diidampingi Wakil Walikota Bima beserta seluruh unsur FKPD menjadi penanda dimulainya MTQ tingkat Kota Bima tahun 2019.  (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.