Header Ads

Gandeng MIN Tolobali, Gerakan Mbojo Tana'o Gelar Kegiatan Bertajuk "Literasi untuk Generasi"



Kota Bima, Garda Asakota.-

Sejak beberapa minggu terakhir menjadi pusat obrolan, dengan MIN Tolobali, akhirnya Gerakan Mbojo Tana'o melangsungkan kegiatan bertajuk "Literasi untuk Generasi" secara perdana pada hari Sabtu, 28 September 2019. Inti dari kegiatan tersebut adalah menyebarkan virus literasi kepada generasi bangsa, minimal mampu mempengaruhi dan atau menumbuhkan kecintaan mereka terhadap kegiatan menulis dan membaca.

Sehingga, pada kegiatan yang insya Allah akan rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu ini dimulai dengan kegiatan membaca, kelas inspirasi, nonton bareng film/kegiatan yang bersifat edukatif dan menginspirasi, eksperimen sederhana, serta ada story telling dari relawan.




Pada kelas inspirasi, setiap minggunya akan menghadirkan inspirator yang berbeda-beda. Dan di minggu perdana kegiatan tersebut, kata Kepala MIN Kota Bima, Edy Amryn, S.Ag, M.Si, kelas inspirasi dipandu oleh dua orang Apoteker Cantik, Kak Aini dan Kak Aty. Oleh mereka, adik-adik dari kelas 6A Min Tolobali mendapatkan sosialisasi mengenai apoteker sekaligus diperkenalkan nama dan jenis obat serta edukasi pemakaiannya.

Tujuannya tentu saja supaya adik-adik memahami prinsip keamanan penggunaan obat terhadap anak usia dini. Kedua inspirator merinci, bahwa obat harus diminum dengan izin orang tua/wali (perlu konsultasi/pengawasan langsung), tidak berbagi obat atau menggunakan obat dari orang lain, menyimpan obat pada wadah aslinya dan di tempat yang aman, dan membuang obat dengan benar.

Di akhir kegiatan, adik-adik yang tampak antusias dan konsen dengan kegiatan tersebut diberi kesempatan menempelkan apa saja yang ingin mereka sampaikan lewat pohon literasi. Seorang anak yang bernama R Yumna Kemala Amry menulis tentang cita-cita dan kesannya mengikuti kegiatan.

"Cita-cita menjadi apoteker atau dokter. Saya senang karena disambut oleh kakak-kakak yang baik. Terus bisa baca buku-buku yang sangat seru dan menyenangkan. Terima kasih, kakak-kakak yang baik." Sementara dari anak yang bernama Raodhatul Alawiyah, singkat tertulis, "Terima kasih telah mengajarkan kami tentang obat."

Dan beragam ucapan lainnya yang pastinya bisa bikin mesem-mesem, terenyuh, dan gemas. "Terima kasih kembali untuk kalian, adik-adik. Senantiasalah semangat belajar supaya kelak bisa menjadi apa pun yang kalian citakan-citakan. Terima kasih juga buat ibu wali kelas 6A dan Kepala MIN Tolobali, bapak Edy Amryn," ucap Apoteker Cantik, Kak Aini dan Kak Aty, bersahutan. (GA. 212*)

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.