-->

Notification

×

Iklan

Dukung Gerakan Menghadap Laut, DKP Kabupaten Bima Bersih-Bersih Pantai Kalaki

Friday, September 27, 2019 | Friday, September 27, 2019 WIB | 0 Views Last Updated 2019-09-27T12:39:21Z


Kabupaten Bima, Garda Asakota.-

Pantai Kalaki Kecamatan Palibelo yang memiliki panjang 1 km menjadi lokasi kegiatan "Aksi Menghadap ke Laut" Jumat sore (27/9) yang dimulai jam 15.00 sampai jam 17.30 Wita. Gerakan Menghadap ke Laut merupakan program yang digagas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti sebagai agenda tahunan dalam aksi Rencana Nasional pengurangan sampah yang masuk ke laut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj. Nurma, M.Si, mengatakan, perangkat daerah yang dipimpinnya bekerjasama dengan Camat Palibelo Drs. Darwis, Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu Hasil Perikanan (BKIPM) Bima Ridwan S.STTPi dan Relawan Jao yang dipimpin Kabid Rehabilitasi Aris beserta 7 orang anggota.

Aksi diawali dengan pembersihan sampah dan laut dari plastik dan ampah lainnya di sepanjang garis pantai yang dilanjutkan dengan pemasangan papan larangan merusak ekosistem pantai dan senam zumba di pinggir Pantai Kalaki.

"Gerakan bersih-bersih pantai ini kami mengundang para ASN Dinas Kelautan dan Perikanan, Camat Palibelo, Kades Panda, Vokasi Unram, BKIPM Bima dan Relawan Jao tersebut mengambil tempat di Pantai Kalaki Desa Panda mengingat besarnya volume sampah pada kawasan ini," ungkap Nurma.




Diakuinya saat ini ekosistem laut dan pantai terus menghadapi ancaman sampah terutama sampah plastik. Untuk menanganinya, kata dia, Pemerintah Kabupaten Bima berkomitmen melakukan berbagai langkah, salah satunya melalui gerakan menghadap laut dengan beragam kegiatan membersihkan laut dan pantai. Disamping itu juga memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar lokasi wisata agar berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan pesisir dan laut. (GA. 212*)
×
Berita Terbaru Update