Header Ads

65 Anggota DPRD NTB Periode 2019-2024 Resmi Dilantik


Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi NTB, H. Kresna Menon, SH, MH,.saat mengambil sumpah dan atau janji 65 anggota DPRD NTB Periode 2019-2024 di Ruang Rapat Utama DPRD NTB, Jalan Udayana, Senin 02 September 2019. (Sumber Foto: Humas DPRD NTB).

Mataram, Garda Asakota.-

Sebanyak 65 orang anggota DPRD NTB Periode 2019-2024 yang merupakan hasil Pemilihan Umum Legislatif yang digelar beberapa bulan lalu secara resmi dilantik pada Senin 02 September 2019 di ruang Rapat Paripurna DPRD NTB. Pelantikan anggota Dewan baru ini menandai juga berakhirnya masa bhakti anggota DPRD NTB Periode 2014-2019.

Berbagai kinerja dalam rangka memajukan kemajuan daerah telah dipersembahkan oleh anggota DPRD NTB Periode 2014-2019. Hal ini menurut  Wakil Ketua DPRD NTB Periode 2014-2019, TGH Mahali Fikri yang memimpin jalannya Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Anggota DPRD NTB Periode 2019-2024, menunjukan adanya peningkatan kemajuan pembangunan daerah yang makin membaik dan cukup signifkan.

Dalam aspek pelaksanaan fungsi legislasi, menurut data yang disampaikan oleh Mahali Fikri, produk Peraturan Daerah (Perda) yang telah berhasil dituntaskan atau diproduk oleh anggota Dewan Periode 2014-2019 adalah sebanyak 75 buah produk Perda.

“Pada tahun 2014 telah dihasilkan 14 produk Perda, pada tahun 2015 adalah sebanyak 12 produk Perda, 2016 adalah sebanyak 11 buah Perda, 2017 adalah sebanyak 13 buah produk Perda, 2018 adalah sebanyak 13 buah Perda, dan tahun 2019 sebanyak 7 buah Perda. Dengan demikian jumlah produk Perda yang telah ditetapkan selama lima tahun masa jabatan anggota Dewan Periode 2014-2019 adalah sebanyak 75 buah Perda,” ujar pria yang juga merupakan Ketua Partai Demokrat Provinsi NTB ini.

Meski telah menghasilkan sekitar 70-an Perda di periode 2014-2019, namun menurut Mahali, masih terdapat juga beberapa buah Rancangan Perda yang hingga berakhirnya masa jabatan mereka belum berhasil dituntaskan.

“Namun masih ada juga Rancangan Perda yang masih belum dapat dibahas secara tuntas untuk ditetapkan sebagai Perda baik itu Raperda Prakarsa DPRD maupun yang diusulkan oleh Gubernur karena itu diharapkan kiranya anggota Dewan Periode 2019-2024 dapat kiranya melanjutkan dan menuntaskan pembahasan Raperda dimaksud untuk dituntaskan menjadi Perda,” harapnya.

Lantas bagaimana dengan pelaksanaan fungsi penganggaran dan pengawasan yang melekat pada periode 2014-2019?, menurut Mahali juga telah dilaksanakan dengan sangat baik dan telah disampaikan dengan lugas pada saat Paripurna Penyampaian Kinerja anggota Dewan Periode 2014-2019 yang sekaligus menjadi Memori Jabatan yang dapat digunakan sebagai rujukan bagi anggota Dewan 2019-2024.

“Semua capaian pelaksanaan tugas dan fungsi Dewan 2014-2019 itu tidak terlepas dari dukungan yang diberikan oleh semua pihak terutama dari Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang secara maksimal, konsisten, transparan dan akuntabel dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diembannya termasuk didalamnya adalah dukungan kepemimpinan yang kuat dan berkarakter dari Pimpinan Dewan,” kata Mahali.

Disamping berbagai torehan prestasi dan kinerja yang menuai pujian, lanjut Mahali, kinerja anggota Dewan Periode 2014-2019 juga tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan kelemahan. “Karenanya menjadi harapan kami bahwa semua yang telah dikerjakan betapapun kecilnya adalah merupakan kontribusi yang dapat kami berikan agar dapat ditingkatkan lagi oleh anggota Dewan Periode 2019-2024 dengan semangat baru sejalan dengan perkembangan yang terus berlangsung secara dinamis,” harapnya.

Acara pelantikan anggota Dewan Periode 2019-2024 ini selain dihadiri oleh Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, Wakil Gubernur NTB Dr. Sitti Rohmi Djalilah, juga dihadiri oleh para sesepuh NTB diantaranya mantan Gubernur dan Mantan Ketua DPRD Provinsi NTB. Hadir juga Bupati dan Walikota se NTB, Forkopimda NTB, Sekretaris Daerah bersama seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi NTB dan ribuan undangan termasuk juga para tokoh masyarakat dan tokoh agama di NTB. Sebagian anggota DPRD Provinsi NTB periode sebelumnya (2014-2019) juga terlihat hadir dalam acara pelantikan tersebut.

Berikut adalah nama-nama dari 65 orang anggota DPRD yang dilantik sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.52-3839 Tahun 2019, tanggal 30 Agustus 2019. Mulai dari Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 10 orang yaitu, (1) Ir. H. Misbach Mulyadi, (2) Lalu Ahmad Ismail, S.H., (3) H. Umar Said, S.Ag., (4) Hj. Baiq Isvie Rupaeda, S.H., M.H., (5) H. Mau’ud Adam, S.H., (6) Ir. H. Busrah Hasan, M.M., (7) Drs. H. A. Hafid, (8) H. Puaddi, S.E., (9) Lalu Satriawandi, S.E., (10) Lalu Akhmad Yani, S.E.

Sembilan orang dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yaitu, (1) Drs. H. Ridwan Hidayat, (2) Nauvar Furqony Farinduan, S.H., M.Ba, (3) Sudirsah Sujanto, S.Pd. B., S.Ip., (4) H. Machsun Ridwani, S.Sos., M.Ba., (5) Drs. H. Haerul Warisin, M.Si., (6) H. Abdul Thalib, S.Sos., (7) H. Mori Hanafi, S.E., (8) Lalu Wirajaya, (9) Lalu Sudiartawan, S.H.

Dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 7 orang yaitu, (1) Drs. H. Muzihir, (2) Muhammad Ruslan, S.H., (3) Dr. Drs. TGH. Hazmi Hamzar, S.H., M.H., (4) Rusli Manawari, (5) Syirajuddin, S.H., (6) Moh. Akri, S.Hi., (7) Drs. H.M. Adung.

Tujuh orang juga dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), (1) TGH. Achmad Muchlis, (2) TGH. Satriawan, LC., MA., (3) H. Abdul Hadi, S.E., M.M., (4) Sambirang Ahmadi, S.Ag., M.Si., (5) H. Syamsuddin Majid, S.E., (6) Yek Agil, (7) TGH. Patompo, LC., M.H.

Partai Demokrat juga menyumbang 7 orang, yaitu, (1) TGH. Mahalli Fikri, (2) R. Rahadian Soedjono, (3) H. Ismail, S.Ap., (4) H. A. Rahman H. Abidin, S.E., (5) Abdul Rauf, S.T., M.M., (6) H. Moh. Rais Ishak, S.H., dan (7) Lalu Riadi, S.Sos. Sedangkan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyak 6 orang yaitu, (1) Drs. H. Muhammad Jamhur, (2) H. Abdul Wahid, (3) H. Makmun, S.Pd., S.H., M.Kn., (4) Akhdiansyah, S.Hi., (5) H. Lalu Hadrian Irfani, S.T., (6) H. Lalu Pelita Putra, S.H.

Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak 5 orang yaitu, (1) H. Hasbullah Muis (konco), (2) H. Saepudin Zohri, S.Ag., (3) H. Najamudin Moestafa, (4) Muhammad Nasir, S.T., M.M., (5) Ady Mahyudi. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sebanyak 5 orang yaitu, (1) Multazam, (2) H. M. Khairul Rizal, S.T., M.Kom., (3) H. Bohari Muslim, (4) H. Asaat Abdullah, S.T., (5) Raihan Anwar, S.E., M.Si.

Empat orang dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), (1) Ir. Made Slamet, M.M., (2) H. Raden Nuna Abriadi, S.Ip., (3) Lalu Budi Suryata, S.P., (4) Drs. Ruslan Turmuzi. Dua orang dari Partai Bulan Bintang (PBB) yaitu, (1) H. Junaidi Arif, S.P., dan (2) Ir. H. Moh. Edwin Hadiwijaya, M.M. Dua orang juga dari Partai Berkarya yaitu, (1) Jalaludin, S.Sos, dan (2) A. Kahar Muhammad Rifai, serta 1 orang dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yaitu Ahmad Dahlan, S.Sos.

Proses pelantikan 65 orang Anggota DPRD NTB Periode 2019-2024 ini sendiri ditandai dengan pengambilan sumpah dan atau janji seluruh anggota dewan, oleh Ketua Pengadilan Tinggi Provinsi NTB, H. Kresna Menon, SH, MH,.

Usai pengambilan sumpah/janji, dilanjutkan dengan penandatanganan naskah pelantikan secara simbolik oleh masing-masing ketua partai. Proses penandatanganan disaksikan Ketua Pengadilan Tinggi NTB dan seluruh perwakilan masyarakat yang hadir. Kemudian yang dilanjutkan dengan penyematan Pin anggota oleh Ketua Pengadilan Tinggi NTB.

65 anggota DPRD Provinsi NTB tersebut, merupakan hasil dari Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019. Sebagian dari anggota DPRD yang dilantik, 20 diantaranya merupakan anggota DPRD Provinsi, periode 2014-2019, yang terpilih kembali menjadi anggota DPRD Provinsi NTB, masa bhakti 2019-2024.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah yang hadir bersama Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anggota DPRD Provinsi NTB yang baru dilantik. "Selamat mengemban amanah dari rakyat," ucapnya.

Gubernur berharap, segala prestasi yang telah ditorehkan anggota dewan sebelumnya, dapat dijadikan motivasi untuk dipertahankan, bahkan lebih ditingkatkan oleh anggota dewah yang baru.

Menurutnya, anggota dewan yang terpilih dan dilantik saat ini, merupakan orang-orang terbaik yang akan mengabdi bagi kemajuan masyarakat dan daerah NTB.

Untuk itu ia mengajak, seluruh anggota dewan untuk bersinergi membangun daerah menjadi lebih baik di masa akan datang. Selain itu, gubernur juga menyampaikan terimakasih atas pengabdian terbaik kepada anggota dewan sebelumnya.

Sebelumnya, Ketua Sementara Anggota DPRD Provinsi NTB, Hj. Baiq Isvie Rupaeda, SH, MH, menegaskan, semua gagasan dan mekanisme yang belum terlaksana pada masa jabatan anggota dewan 2014-2019, akan dilanjutkan dan ditingkatkan pada periode berikutnya 2019-2024.

Ia mengatakan, semua prestasi NTB dalam berbagai bidang, akan dijadikan sebagai penunjang oleh anggota dewan pada masa berikutnya. Isvie mengajak seluruh anggota dewan terpilih, untuk mengemban amanah masyarakat dengan baik. Serta mendukung program pemerintah dalam mewujudkan NTB Gemilang di masa akan datang.

Untuk itu, ia meminta, dukungan dan kerja yang harmonis dengan anggota dewan dan pihak pihak lainnya, serta do'a dari seluruh masyarakat NTB, agar anggota dewan masa jabatan 2019-2024, dapat menjalankan tugas dan amanah dari masyarakat NTB, dengan sebaik-baiknya. (GA. 211/215*).

No comments

elshandy creative. Powered by Blogger.